PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan melakukan pekerjaan rigid pavement atau perkerasan jalan di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di jalur menuju Jakarta.
"Pekerjaan itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas jalan sekaligus kenyamanan serta keamanan pengguna jalan tol," kata Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Hendra Damanik di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 4 Juli 2020.
Pekerjaan jalan akan dilakukan selama enam hari mulai Senin 6 Juli pukul 10.00 hingga Sabtu 11 Juli 2020 pukul 24.00.
Hendra menjelaskan, perkerasan jalan dilakukan sepanjang 135 meter di dua titik ruas Tol Jakarta-Cikampek arah menuju Jakarta yakni di Km 37+319-Km 37+304 sepanjang 15 meter serta di Km 37+279-Km 37+159 sepanjang 120 meter.
Selama masa pekerjaan berlangsung, Jasa Marga akan melakukan skema buka-tutup sebagian jalur karena lokasi pekerjaan berada pada lajur dua.
Foto ilustrasi

Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad, selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek telah menyiapkan mitigasi risiko untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi akibat pekerjaan itu.
"Mitigasi risiko tersebut berupa pengaturan arus lalu lintas, mempersempit area kerja pada lajur dua, serta berkoordinasi dengan kepolisian dalam hal ini PJR (patroli jalan raya)," katanya.
Jasa Marga juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan serta variable message sign (VMS) di ruas Tol Jakarta-Cikampek di kedua arahnya.
"Sosialisasi ini untuk memastikan informasi diterima dengan baik oleh pengguna jalan," ucapnya kepada Antara.
Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan itu sekaligus mengimbau pengguna jalan mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol serta tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan.***