Bertempat di Markas Militer Kodim 0604/Karawang, Pjs Bupati Karawang pimpin jalannya pembukaan kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kodim 0604/Karawang Tahun 2020 Desa Tegal Lega Kecamatan Ciampel,Jum'at (15/10/19).
Pembukaan BSMSS 2020 di Desa Tegalega Kecamatan Ciampel, Jumat (16/10)


Dalam upacara pembukaan turut hadir Komandan Kodim 0604/Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, Ketua DPRD Karawang Pendi Anwar, perwakilan Kejari Karawang, Kepala DPMD Karawang, Kapolsek dan Camat Ciampel dan Kades Tegal Lega serta tamu undangan lainnya.

Pjs Bupati Karawang Yeri Yanwar dalam sambutannya mengatakan, Kodim 0604/Karawang dengan Pemerintah Kabupaten Karawang dan masyarakat akan melaksanakan agenda rutin Bhakti  Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) TA 2020. Dijelaskan Yeri Yanwar, Selama beberapa hari kedepan jajaran TNI dan Pemerintah Daerah bersama masyarakat Desa Tegal Lega akan saling bergotong -royong dan bersama - sama bekerja guna menyelesaiakan sejumlah program yang telah ditetapkan dalam program dan kegiatan BSMSS dengan objek sasaran fisik maupun non fisik.
Pembangunan dan pemberdayaan ini, adalah upaya pelayanan dasar yang ada di masyarakat, baik itu jalan, air bersih ataupun menyangkut perumahan-perumahan yang mungkin masih belum layak huni. "Bagaimana kemanunggalan ini dijalankan bersama dengan masyarakat Karawang dalam kegiatan terkait dengan pembangunan sosial, pembangunan peningkatan jalan, serta gorong-gorong termasuk sosialisasi terhadap masyarakat yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) serta TNI-POLRI" ungkap Pj Bupati.

Masih kata Yeri, pekerjaan ini sifatnya adalah stimulus atau memotivasi masyarakat. Bukan pemerintah daerah saja tapi ternyata persoalan masyarakat tergantung kepada kemampuan leadership dari kepala desa yang ada di wilayah tersebut, ia menyebut, bahwa Kepala desa Tegalega sudah melakukan inovasi - inovasi terkait peningkatan pelayanan masyarakat dengan membuktikan ke gotong royongan bersama TNI. Program BSMSS merupakan modal sosial atau dasar untuk membangun secara bersama-sama. "Satata sariksa intinya adalah membangun kebersamaan membangun kegotongroyongan yang tentunya ini merupakan pemecahan persoalan bangsa secara bersama-sama, " ujarnya.

Ia pun mengapresiasi kepada Kodim/ 0604 karawang serta berharap dengan Program BSMSS ini masyarakat bisa mempertahankan kearifan lokal budaya gotong royong serta memelihara pembangunan karena ini merupakan warisan leluhur. "Terima kasih Kodim 0604/Karawang serta semua pihak yang ikut andil dalam program BSMSS Ini,mari kita pelihara dengan cara membangun nilai-nilai yang sudah di amanahkan oleh leluhur kita, membangun arti nilai sesungguhnya Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa, intinya adalah membangun nilai-nilai kebersamaan nilai gotong royong antara pemerintah dengan Rakyatnya." Pungkasnya (Rd/rls)