Di awal tahun 2021 ini tersiar kabar bahagia terkait dengan pendaftaran PPPK 2021.

Pemerintah telah mengumumkan bahwa seleksi PPPK 2021 akan tetap dilaksanakan.

Foto : PPPK

Demi memperoleh hasil maksimal dan bisa lolos seleksi PPPK 2021, para peserta harus memahami peraturannya.

Selain itu para peserta juga harus belajar dengan giat agar bisa lolos tes PPPK 2021.

Pemerintah telah mengumumkan akan membuka pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK 2021) bagi para guru di Indonesia.

Dalam pengangkatan PPPK 2021 terdapat ujian seleksi yang nanti akan memuat tes, supaya bisa lolos para pendaftar harus tahu bocoran 5 tes yang akan muncul pada ujian tersebut.

Pada PPPK 2021 ini para guru memiliki peluang yang sangat besar untuk lolos karena memiliki jatah mengikuti seleksi beberapa kali ditahun yang sama.

Dalam pengangkatan ini pemerintah menyampaikan bahwa ada beberapa persyaratan yang harus dilalui oleh para guru dan PPG yang mengikuti seleksi ini.

Sekjen Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud prof Nunuk Suryani menyampaikan bahwa Seleksi guru ini berdasarkan kompetensi bukan pengalaman.

"Kami ingin memperbaiki pendidikan Indonesia jadi seleksinya pun harus berdasarkan kompetensi bukan pengalaman," ujar Nunuk.

Selain itu Wapres Ma'ruf Amin juga menyampaikan bahwa berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen dijelaskan bahwa kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi proposal.

Agar para guru dan juga para lulusan PPG bisa lolos Seleksi CPNS 2021 maka harus mengetahui apa saja yang menjadi tes di seleksi kompetensi nanti.

Untuk bisa lolos dari rangkaian seleksi pengangkatan ini tentu kita harus mengetahui proses seleksi yang ada dalam pembukaan PPPK ini.

Pembukaan PPPK ini telah diatur dalam PP Nomor 49 tahun 2018 tentang manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Inilah bocoran 5 Tes yang Muncul pada Ujian Seleksi nanti" , Adapun bocoran tes dalam ujian seleksi PPPK 2021 ini adalah sebagai berikut :

1. Kompetensi teknis (Sesuai Mata Pelajaran)

2. Kompetensi Sosial kultural

3. Tes Bakat Skolastik ( Penalaran)

4. Kompetensi Manajrial

5. Pertanyaan Wawancara

Pada ujian seleksi PPPK 2021 ini berbeda dengan ujian seleksi CPNS dimana tidak ada seleksi kompetensi dasar yang ada hanya seleksi kompetensi teknis.

Itulah beberapa konten ujian seleksi yang harus dipersiapkan sejak sekarang dimana kita bisa mengasahnya dengan cara membacanya.

Seperti diketahui sebelumnya Pemerintah telah melakukan pematangan terkait pembukaan seleksi ini salah satunya adalah telah menetapkan rencana jadwal Pelaksanaan PPPK 2021:

1. Januari: pendaftaran

2. Februari: materi pembelajaran dapat diakses

3. Mei: ujian seleksi untuk guru TK, SD, SMP, SLB

4. Juni: ujian seleksi untuk guru SMA, SMK

5. September: ujian seleksi kesempatan kedua

6. Desember: ujian seleksi kesempatan ketiga

Sebelum PPPK 2021 ini memasuki tahapan ujian seleksi, para pendaftar sebaiknya bisa mempersiapkan dan mempelajari 5 bocoran tes yang akan muncul pada ujian seleksi nanti.***