Breaking News
---

Dipilih Secara Mufakat, Komisi II Resmi Tetapkan Sembilan Anggota Ombudsman RI Baru

Komisi II DPR telah menetapkan sembilan nama anggota Ombudsman RI periode 2021-2026 usai merampungkan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap 18 calon yang dilakukan pada 26-27 Januari 2021.

Dipilih Secara Mufakat, Komisi II Resmi Tetapkan Sembilan Anggota Ombudsman RI Baru

Ia mengatakan, proses pemilihan dilakukan secara musyawarah mufakat dikarenakan dalam suasana pandemi, sehingga sulit dilakukan secara voting.

"Jadi kita sudah putuskan ada sembilan nama,” ujar Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung di ruang Komisi II DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Selain itu, Doli menyampaikan, Komisi II DPR RI akan segera mengirim surat kepada Pimpinan DPR dan menyampaikan hasil dari fit and proper test yang sudah dilakukan.

“Jadi langsung hari ini saya akan kirim surat ke Pimpinan DPR. Selanjutnya prosesnya diserahkan pada pimpinan maupun (untuk) dijadwalkan di rapat paripurna,” ungkapnya.

Ia berharap Anggota Ombudsman yang baru dapat lebih memperkuat kelembagaan Ombudsman, utamanya terkait perbaikan mutu dan kualitas pelayanan publik.

“Orang-orang yang dikirim ke kami ini saya kira sudah mengikuti proses yang cukup panjang dan insyaAllah orang yang kita pilih adalah orang-orang yang terbaik,” pungkasnya.

Perlu diketahui, sembilan nama itu ialah Mokh Najih (dosen Universitas Muhammadiyah Malang), Bobby Hamzar Rafinus (aparatur sipil negara Kementerian Koordinator Perekonomian), Hery Susanto (Direktur Operasional PT Grage Nusantara Global), Dadan Suparjo Suharmawijaya (anggota Ombudsman RI).

Kemudian, Indra Marzuki Rais (Kepala SPI PT Perikanan Nusantara), Jemsly Hutabarat (pegawai PT GMF Aeroasia), Johanes Widijantoro (dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta), Robertus Na Endi Jaweng (pimpinan dan peneliti Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah), dan Yeka Hendra Fatika (Ketua Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi)

Dari seluruh calon, Komisi II DPR RI menyepakati Mokh Najih sebagai Ketua Ombudsman Republik Indonesia, dan Bobby Hamzar Rafinus sebagai Wakil Ketua Ombudsman Republik Indonesia. Sementara sisanya, disepakati menjadi anggota.***akurat

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan