Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas secara tertutup di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/3). Salah satu yang dibahas berkaitan dengan Pengembangan Kawasan Bandara Kertajati di Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengarahkan para jajarannya agar embarkasi jemaah haji dan umrah yang berasal dari Jabar dan bagian timur Jawa Tengah difokuskan di bandara tersebut.

Arahan Jokowi tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya usai rapat digelar.

"Pak presiden mengarahkan bahwa nanti paling tidak umrah dan haji semua warga Jabar dan Jawa Tengah bagian timur itu kita konsentrasikan di Kertajati," kata Budi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/3).

Hal itu menunjukkan upaya pemerintah agar membuat kawasan Bandara Kertajati ramai aktivitas. Termasuk dengan melengkapi pembangunan Jalan Tol Cisumdawu. Budi menyebutkan, tol yang akan selesai di akhir tahun ini diharapkan bisa memudahkan jalur transportasi darat menuju kawasan Bandara Kertajati.

"Kertajati sebagai suatu bandara akan menjadi lengkap karena Tol Cisumdawu, dari Bandung ke Kertajati itu akan selesai di Desember 2021," ujarnya.

"Artinya pergerakan penumpang di Kertajati akan menjadi lebih baik pada saat setelah Desember 2021," tambahnya.

Dalam rapat terbatas tersebut juga diikuti oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.***

Sumber : Kumparan