Aksi kriminalitas di malam hari baik pencurian dan tindakan pelanggaran lainnya, acapkali terjadi, apalagi selama Ramadan. Banyak korban kriminalitas selalu menyebut situasi "gelap" tanpa penerangan sebagai biangnya. Atas dasar itu, Camat Cilamaya Wetan Basuki Rachmat segera terbitkan surat kepada semua Kades dan masyarakat, untuk mensukseskan program neonisasi dari halaman rumah masing-masing.

Camat Cilamaya wetan Saat Bersama Kapolres Karawang di sela kegiatan kunjungan di PLTGU Jawa 1
"Jangan ada ruang halaman, baik depan, pinggir dan belakang yang gelap di rumah-rumah warga Cilamaya Wetan. Sebab sangat sering ia dengan aksi kriminal seperti pencurian di rumah terjadi akibat gelap. Insha Allah kita terbitkan suratnya dan diharapkan bisa di laksanakan semua kades dan masyarakatnya untuk mewujudkan halaman rumah caang, " Kata Basuki Kamis (22/4).

Ia rasa, tidak akan merugi ratusan ribu jika masyarakat menambah pemasangan lampu atau neon berkapasitas 5 - 15 Watt misalnya di setiap halaman rumah warga. Ini demi pencegahan aksi kriminalitas di malam hari, sebab dengan kondisi rumah yang gelap, berpeluang terjadinya aksi kriminal tersebut, lain halnya jika terang, setidaknya pelaku kejahatan berpikir dua kali. "Tentu saja selain ditopang caang rumahnya, Kamtibmas di setiap desa perlu ditingkatkan lewat piket ronda, " Tandasnya. (Rd)