Tahukah kamu? Aplikasi berbagi video TikTok tidak hanya menyajikan hiburan semata. Aplikasi ini juga menjanjikan peluang meraup penghasilan dari TikTok. Tak tanggung-tanggung, terdapat beberapa cara dapat uang dari TikTok yang bisa kamu coba berikut ini.

Cara Dapat Uang dari TikTok


Tiktok

Berbeda dari platform YouTube dengan AdSense, aplikasi TikTok tidak memberikan bayaran untuk setiap ada yang dipaaang pada akun pengguna. Terdapat beberapa cara dapat uang dari TikTok bagi kamu pemilik brand, akun personal dan bahkan untuk pemula!

Sponsored Content Post merupakan cara mempromosikan brand tertentu jika kamu adalah seorang artis TikTok.

Agensi atau brand akan mempertimbangkan tingkat engagement content creator di TikTok dengan melihat jumlah followers, like, dan jumlah tayangan video. Agensi akan menilai apakah followers content creator cocok dengan target market dari brand.

Cara mendapat penghasilan dari TikTok ini cocok untuk kamu yang telah memiliki followers ribuan. Sehingga usahakan perhatikan jumlah followers TikTok sebelum menerima tawaran Sponsored Content Post.

2. Donasi atau Payout Coins

Saat followers sudah tinggi, ada banyak cara dapat uang dari TikTok secara mudah. Salah satunya dari donasi yang diberikan fans saat kamu melakukan live streaming di TikTok.

Konsepnya, saat berlangsung live streaming, viewer dapat memberikan sticker gift yang nantinya dapat ditukarkan dengan uang dari TikTok. Sticker ini dikirimkan viewer sebagai bentuk apresiasi usaha content creator dalam menghasilkan konten TikTok. Sticker tersebut dapat diuangkan karena untuk mendapat sticker tersebut, viewer juga harus membelinya terlebih dahulu. Jadi sebagai timbal balik dan komitmen, usahakan ciptakan konten TikTok yang bermanfaat.

3. TikTok Manager atau Jasa Pengelola Akun

Cara selanjutnya untuk dapat uang dari TikTok adalah dengan berprofesi sebagai TikTok Manager. Cukup dengan mengelola akun TikTok milik seseorang agar lebih berkembang.

Tidak hanya seorang influencer atau content creator, tetapi juga menyasar kepada brand atau perusahaan yang melakukan promosi bisnis menggunakan TikTok.

Jasa Pengelola Akun sangat cocok dilakukan bagi kamu yang memahami dunia marketing. Umumnya, tugas TikTok manager antara lain:

  • Meningkatkan tingkat engagement akun TikTok
  • Mengatur strategi content marketing
  • Menciptakan dan mengembangkan ide kreatif konten TikTok
  • Mengatur dan mengelola tawaran kerja sama, dan sebagainya

Cara menghasilkan uang dari TikTok setelah kamu sukses meningkatkan engagement dengan followers adalah dengan jual beli akun.

Hal-hal sederhana yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Membuat akun dengan minat pada topik tertentu
  • Meningkatkan followers, like, jumlah tayangan, dan tingkat engagement akun TikTok.
  • Membangun komunitas dengan peminat topik yang sama
  • Kemudian setelah akun yang dikembangkan menjadi besar jual akun ke brand atau perusahaan dengan bidang yang sama

Mengapa cara jual akun dapat menghasilkan uang? Hal ini karena target promosi yang diperlukan brand atau perusahaan menyasar pada orang-orang yang memiliki minat sama dengan bidang bisnis mereka.

Nah, sebagai penjual akun, kamu telah membantu brand bertemu dengan target marketnya. Cara jual akun ini lazim dilakukan karena masih sedikit brand yang mampu mengelola akun dari nol. Sebagai tambahan lainnya kamu dapat mendisplay akun yang kamu jual di website khusus agar terlihat lebih profesional.

5. TikTok Marketing

Tiktok marketing dilakukan oleh pemilik suatu brand dan ingin menarik konsumen lebih banyak dari aplikasi ini. Cara promosi paling efektif untuk mendapat uang dari platform ini ini adalah dengan TikTok Ads.

Sama dengan Facebook ads atau Instagram ads tiktok memiliki algoritma yang yang bisa membantu iklan mu terlihat oleh target yang diinginkan. TikTok dapat merekam seluruh histori tontonan user untuk menyajikan iklan yang lebih personal.

Algoritma TikTok juga rutin melakukan remarketing selain targeting audiens. Iklan akan disajikan kembali kepada audiens yang telah berinteraksi dengan iklan sebelumnya. Cara ini akan membuat audiens lebih mengenali brand yang kamu miliki dan tertarik membeli produk brand.

6. Agensi Influencer

Cara menghasilkan uang dari TikTok selanjutnya adalah dengan agensi influencer. Metode ini menghubungkan antara brand atau perusahaan yang ingin beriklan dengan para influencer TikTok.

Agensi influencer cocok menjadi peruntungan bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang content marketing dan video marketing.

Agensi Influencer menjadi perantara hingga mengelola kerjasama antara influencer dengan brand. Jika tertarik membangun agensi Influencer, kamu dapat mengambil peluang dengan mematok harga yang lebih terjangkau dibanding penawaran TikTok pada bagian Creator Marketplace.

Peluang sebagai agensi influencer sangatlah terbuka lebar didukung dengan tingginya pengguna aktif TikTok di Indonesia.

Setiap platform media sosial sebenarnya dapat terus ditekuni untuk menambah penghasilan. Begitu pula dengan aplikasi TikTok ini. Kamu bisa mengembangkan beberapa cara dapat uang dari TikTok di atas untuk meraup keuntungan dari TikTok. Selamat mencobanya.***