Breaking News
---

Nah Ini Dia yang Ditunggu, Kemendes Berencana "Uji Petik" Bumdes Tiap Kecamatan di Karawang


Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang di sokong penyertaan modal ratusan juta dari Dana Desa selama beberapa tahun terakhir, direncanakan bakal dijadikan pusat pemberdayaan masyarakat desa ditahun 2022. Selain penguatan Bantuan Langsung Tunai (BLT), pos anggaran Dana Desa APBN tersebut rencananya akan ditambah porsinya ditahun depan bagi Bumdes di setiap desa-desa di Indonesia. Santer kabar, Kementrian Desa (Kemendes) akan turun gunung melakukan "Uji Petik" pada Bumdes di setiap kecamatan yang waktunya masih tentatif.

Pendamping Kecamatan Lemahabang Saat Koordinasi di Kegiatan Minggon Bersama Para Kepala Des

"Kita diminta memberikan arahan ke Bumdes yang ada agar selalu merapihkan struktur kepengurusan, progres usaha dan pemberdayaannnya, karena Kemendes berencana uji petik, dimana satu kecamatan kabarnya akan di garap 1 Bumdes untuk memonitor progres dan optimalisasi perjalanannya selama Dana Desa itu turun ke desa, " Kata Pendamping Desa Kecamatan Lemahabang, H Surya Sakti, Selasa (31/8).

Bisa jadi, sebutnya, uji petik yang dilakukan Kemendes itu berkaitan dengan rencana penguatan pemberdayaan Bundes tahun 2022 mendatang, dimana Kementrian kabarnya akan memposkan anggaran lebih banyak untuk penyertaan modal bagi Bumdes. "Untuk itu, ia berharap para Kades bersama pengurus Bumdes agar selalu berbenah dan membuktikan bahwa Bumdes ini sangat berdaya dan memiliki progres yang baik setiap tahunnya, " Harapnya.

Kades Ciwaringin H Uci Sanusi mengungkapkan, adanya uji petik yang direncanakan di gelar Kemendes, pada dasarnya ia berharap pendampingan optimal dari para pendamping desa selama berbenah dan perapihan Bumdes di desa-desa. Karena, bagi kades-kades baru khususnya, peralihan kepengurusan Bumdes hingga pertanggungjawaban Bumdes, acapkali masih dirasa kurang optimal sehingga perlu ada pendampingan lebih masif, baik ada dan atau tidak adanya uji petik. "Kita berharap pendamping desa hadir ditengah kesulitan yang dihadapi Bumdes, berikan pembinaan optimal, prosedur dan akses yang bisa merapihkan baik keorganisasi, administrasi dan pendampingan usahanya, " Pintanya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan