Presiden Jokowi Resmikan Istora Papua Bangkit, Raffi Ahmad dan Artis Nasional Meriahkan Pembukaan PON Papua

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau dan meresmikan sejumlah arena di Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

Venue ini merupakan tempat pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 bagi cabang olahraga senam artistik dan ritmik yang berada di Kluster Kabupaten Jayapura.

Setelah meninjau Istora Papua Bangkit, Presiden Jokowi akan menuju Distrik Abepura, Kota Jayapura, untuk melakukan peletakan batu pertama atau "groundbreaking" Papua Youth Creative Hub.

Selanjutnya, Presiden dijadwalkan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua yang akan digelar di Kantor Gubernur Provinsi Papua.

Pada Sabtu (2/10/2021) malam, Presiden akan meresmikan Pembukaan PON XX Papua 2021 yang dipusatkan di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Setelah membuka PON Papua, Presiden rencananya akan kembali bermalam di Jayapura, sebelum melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya.

Adapun dari keterangan yang dilansir oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Istora Papua Bangkit dibangun oleh PT PP (Persero) pada lahan seluas 33.016 meter persegi di kawasan Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura mencapai Rp278,5 miliar.

Venue ini, selain dapat pergunakan untuk cabor senam, gelaran cabor bulutangkis, bola voli, basket maupun konser musik bisa digelar di sini. Kapasitas Istora Papua Bangkit ini mampu menampung 8.000 penonton.

Di kompleks ini, ada juga Stadion Utama Lukas Enembe berikut fasilitas berstandar internasional berikut sarana pendukung lapangan latihan atau pemanasan dan area parkir.

BUMN karya lainnya PT Nindya Karya turut membangun arena kriket/hockey luar dan dalam stadion pada lahan seluas 133.509 meter persegi menyedot biaya hingga Rp288,3 miliar. Stadion kriket dam hockey terdapat di kawasan Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Kabar lain juga mengabarkan ada sejumlah artis kondang Indonesia seperti Raffi Ahmad, Tulus dan Ruth Sahanaya bakal terlibat dalam upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

Raffi Ahmad akan hadir dalam Opening Ceremony PON XX Papua sebagai pembawa praacara bersama dengan Intan Saumadina, Piter Ginuny, dan Irsa Yoku.

Selain itu, penyanyi-penyanyi top ibu kota bakal menyemarakkan upacara pembukaan pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut, termasuk Tulus dan Ruth Sahanaya.

Perhelatan akbar ini tentu saja melibatkan artis-artis asli Papua semisal Edo Kondologit, Trio Papua, Michael Jakarimilena, dan Albert Fakdawer pun terlibat.

Upacara pembukaan PON Papua akan digelar di bawah kawalan protokol kesehatan yang ketat. Presiden Joko Widodo bakal hadir membuka pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Opening ceremony tidak dibuka untuk umum. Jumlah yang hadir hanya 25 persen dari 40.000 kapasitas Stadion Lukas Enembe. Pintu kawasan Lukas Enembe sudah dibuka sejak 12.00 WIT, namun undangan dan penonton baru dipersilakan masuk ke stadion pukul 16.00 WIT.

Di samping pentas budaya, acara kegiatan diisi defile kontingen, sambutan Gubernur Papua, pidato Presiden Jokowi hingga puncaknya penyalaan obor api di Couldron, kembang api dan ditutup dengan menyanyikan Theme Song PON XX Papua 2021.

Meski begitu, masyarakat Indonesia tetap dapat menyaksikan upacara pembukaan PON Papua karena disiarkan pada berbagai platform youtube PON XX PAPUA 2021, facebook @ponxxpapua2020 dan tiktok ponxxpapua2021. Masyarakat juga bisa menyaksikannya melalui siaran langsung kanal TV nasional, yakni TVRI, Inews, GlobalTV, MNCTV, MNCVision, MetroTV, KompasTV dan RCTI.

Berikut pengisi acara dalam upacara pembukaan PON Papua:

Penampilan Pra-acara :
1. D’Uzzy
2. Kaonak Group Papua

Pembawa acara pra-acara :
1. Raffi Ahmad
2. Intan Saumadina
3. Piter Ginuny
4. Irsa Yoku

Penampilan Opening Ceremony :
1. Tulus
2. Ruth Sahanaya
3. Michael Jakarimilena
4. Nowela Elizabeth Auparay
5. Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan
6. Joanita Chatarine
7. Papua Original
8. Edo Kondologit
9. Lea Simanjuntak
10. Trio Papua
11. Albert Fakdawer
12. Oyandi Voice
13. Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih

Adakah kejutan lain dari Pembukaan PON Papua kali ini? Mari saksikan sama-sama. Torang Bisa! (rls)

0 Komentar

X
X