Dosen UBSI Bekasi Latih Aplikasi Google Meet Bagi Pemuda Cluster Senopati Grand Residence Bekasi

Dosen Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Bekasi, berikan pelatihan aplikasi Google Meet sebagai media konferensi online bagi puluhan pemuda Cluster Senopati RT 04 Grand Residence Bekasi, pada 31 Oktober 2021. Pelatihan yang di pusatkan di Kantor RT 04 Cluster Senopati Grand Residence Bekasi ini, merupakan bagian dari aktivitas pengabdian pihak kampus kepada masyarakat. 


Dosen UBSI Kampus Bekasi Fakultas Teknik dan Informatika, Dian Indah Sari SE, AK, MM mengatakan, kegiatan pelatihan terselenggara bersama kepanitian bersama para dosen fakultas TI UBSI Kampus Karawang dalam rangka pengabdian masyarakat. Pihaknya sebut Dian, memilih pelatihan aplikasi Google Meet ini, karena bisa di gunakan dan di akses dengan platform apapun, baik dengan PC maupun desktop, bahkan perangkat seluler dengan sistem operasi Android atau IOS. 


"Jadi kita bisa yaninkan para pemuda di Cluster Senopati Grand Residence Bekasi ini bahwa Google meet ini, bisa di akses kapanpun dan di manapun, " Katanya. 

Dian menambahkan, kelebihan lain google meet adalah dapat memunculkan teks percakapan dilayar saat sedang melakukan komunikasi, betapapun bahasa yang muncul saat memulai percakapan online ini adalah Bahasa Inggris. 
Kemudian sambungnya, fitur di google meet ada dua, yang pertama adalah  mute mikrofon, menyematkan video dan mengirimkan pertanyaan dengan cara mengklik ikon mikrofon atau video yang berada di kiri bawah tampilan utama google meet sampai berubah warna merah. Kemudian yang kedua, tambah Dian adalah fitur memburamkan latar belakang video, yaitu dengan mengklik ikon "tiga titik" yang terletak di tengah bawah tampilan utama google meet dan pilih menu "change background", kemudian pilih opsi blue your background di jendela Pop Up yang muncul. 
" Beberapa kekurangan google meet kita juga sampaikan, yaitu terletak pada pilihan paketnya berbayar dan tidak dapat mengubah layar background, " Ujarnya.

Lebih jauh Dian berikan tutorial cara membuat rapat Google meet kepada para pemuda, yaitu dengan cara membuka google meet, klik rapat baru, pilih salah satu opsi seperti buat rapat nanti atau mulai rapat instan, atau juga bisa dengan jadwalkan di google kalender. " Kami berharap lewat pelatihan ini daya serap pemahaman aplikasi ini bagi para pemuda semakin meningkat dan bisa mengaplikasikannya dalam kegiatan-kegiatan komunitas, pekerjaan maupun aktivitas yang mengharuskan di gunakan ya google meet sebagai solusi, " Pungkasnya. (Rd)

0 Komentar

X
X