Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti mengusulkan pemangkasan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menurut Susi, pemangkasan PNS akan membawa kemajuan bagi pemerintahan.
Susi Pudjiastuti

Saat ini, profesi PNS masih menjadi salah satu cita-cita banyak orang. Namun, jumlah PNS di Indonesia dinilai terlalu 'gemuk'.

"Sudah saatnya PNS direstrukturisasi. Perbankan telah melakukan. Tiap departemen bisa dipotong 30% pegawainya dalam 2 tahun dan bertahap rekrut baru 10% yang cumlaude/top class, lakukan 2 tahun sekali, tahun ke-3 lakukan hal yang sama," tulis Susi di akun Twitternya @susipudjiastuti, dikutip MNC Portal Indonesia, Senin (22/11/2021).

Hal itu, lanjutnya, dilakukan sampai tahun ke-6. Hasilnya, jumlah PNS bakal terpangkas hingga 40 persen.

"Dalam 6 tahun, PNS ada sisa 40% jumlah PNS & 30% yang hebat @jokowi," lanjutnya sembari menandai akun Presiden Joko Widodo.

Menurut Susi, jika hal tersebut dilakukan, maka kualitas SDM dari PNS akan lebih baik. Dirinya juga mengusulkan agar PNS tersebut nantinya diberi gaji yang pantas dan sejajar dengan perusahaan swasta karena mereka memang berkualitas.

"Saya yakin roda dengan kualitas SDM yang lebih baik jumlah PNS 40% sudah lebih dari cukup. Beri gaji yang cukup & pantas sejajar dengan swasta karena yang bagus-bagus memang layak. Dengan jumlah 40% dari sekarang bisa diberikan gaji 3 sampai dengan 4 kali supaya tidak korupsi @jokowi," tandas Susi.(sf)