×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jelang Gerhana Matahari Total Sabtu Ini, BMKG Minta Waspadai Gelombang Tinggi

3 Des 2021 | Jumat, Desember 03, 2021 WIB Last Updated 2021-12-03T04:29:49Z

Jelang Gerhana M atahari Tot al yang akan terjadi 4 Desember 2021, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini gelombang tinggi yang akan terjadi hari ini, Kamis (2/12/2021).
Foto ilustrasi Gelombang Tinggo

Melalui akun Instagram @infobmkg, BMKG memprediksi dua wilayah perairan Indonesia berpotensi mengalami gelombang tinggi hingga mencapai 4-6 meter.

Informasi ini berlaku maksimal dua hari sejak dikeluarkan.

"Mari cek update Peringatan Dini Gelombang Tinggi Wilayah Perairan Indonesia berlaku tanggal 2 Desember 2021 pukul 07.00 WIB hingga 3 Desember 2021 pukul 07.00 WIB," tulis BMKG dalam postingannya.

BMKG menyebut dalam narasinya bahwa Siklon Tropis Nyatoh (990 hPa) terpantau di Laut Filipina dan memberikan dampak tidak langsung terhadap ketinggian gelombang di wilayah Perairan Kep. Sangihe - Kep. Talaud, Perairan Kep.Halmahera, Laut Maluku, Laut Halmahera, Samudra Pasifik Utara Halmahera hingga Papua.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Selatan Banten, Selat Sunda, Perairan Selatan Banten, Samudra Pasifik Utara Halmahera hingga Papua Barat.

Dalam laporan tersebut BMKG mencatat ada 19 wilayah perairan berpotensi mengalami gelombang sedang 1,25 - 2,5 meter, di antaranya Selat Malaka Bagian Utara, Laut Maluku Bagian Selatan, dan Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah hingga NTT.

Sementara itu ada 9 Wilayah perairan lainnya berpotensi mengalami gelombang dalam kategori sedang 2,5-4 meter, di antaranya Samudra Pasifik Utara Halmahera Hingga Papua, Perairan Anambas - Natuna, dan Perairan Subi-Serasan.

Sedangkan dua wilayah yakni Laut Natuna Utara dan Perairan Utara Natuna berpeluang mengalami gelombang dalam kategori tinggi 4 -6 meter.

BMKG mengimbau agar masyarakat memeperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata BMKG.(Sindonews)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS