Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana prihatin melihat kondisi Ikah (41), warga Desa Sumurlaban Kecamatan Tirtajaya yang menderita depresi mental atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Ikah yang berputra-putri 4 anak ini menderita gangguan jiwa setelah suaminya meninggal dunia baru-baru ini.

Anak pertama Ikah berusia 17 tahun, adiknya usia 14 dan 12 tahun masih sekolah, sedangkan yang bungsu masih berusia 6 tahun dan belum sekolah.

Jika penyakit Ika kambuh, ia kerap marah-marah dan langsung di isolasi disebelah rumah saudaranya karena dikhawatirkan dapat membahayakan putra-putrinya maupun orang lain. Untuk keamanan, putra-putri Ikah di asuh oleh pihak keluarga besarnya dengan penuh kasih sayang.

Melihat kondisi masyarakatnya yang membutuhkan uluran tangan, Bupati Cellica menginstruksikan Dinas Sosial untuk membantu pendidikan putra-putri Ikah ke pesantren melalui program bantuan sosial bagi anak-anak yatim.

Bantuan Bupati tak hanya sampai disitu. Melalui Dana Desa Tahap 1, Bupati akan membangun rumah layak huni buat keluarga Ikah yang selama ini tinggal bersama orang tuanya. Pembangunan rulahu akan dilaksanakan mulai pekan depan. Sedangkan untuk isi perabot rumah akan dibantu oleh Kapolres Karawang, AKBP. Aldi Subartono yang saat itu turut mendampingi Bupati mengunjungi Ikah.

Bupati juga menginstruksikan kepada petugas Puskesmas setempat agar selalu memberi perawatan buat Ikah, baik perawatan mental maupun obat-obatan sebelum Ikah dirujuk ke rumah sakit.

Dengan sejumlah bantuan yang diberikan tetsebut, Bupati berharap dapat meringankan beban dan memberi banyak manfaat untuk Ikah dan keluarganya. Ikah bisa segera sembuh dan kembali mengurusi anak-anaknya seperti sedia kala. Untuk anak-anak Ikah, Bupati berpesan agar tetap semangat dalam menjalani hidup demj masa depan yang lebih baik. (diks)