Musim ini, cuaca cukup mendukung bagi para nelayan untuk melaut. Selain hasilnya juga melimpah dengan harga yang stabil, kebutuhan solar untuk menopang perjalanan melaut juga kondusif, baik suplai maupun harganya.
Foto: Aktivitas nelayan di Ciparage


Dikatakan Pengelola SPDN Ciparagejaya Kecamatan Tempuran, Saepulloh, harga solar cendrung stabil. Hal ini, tentu sangat membantu nelayan dalam usaha melautnya. Memang, harga solar sempat fluktuatif dan di isukan naik hingga langka, namun ia pastikan saat ini sudah stabil, dimana setiap harinya para nelayan Ciparagejaya butuh sekitar 60 liter solar sekali melaut dengan harga Rp 5.150/liternya. 

"Alhamdulillah stabil, baik harga solarnya maupun suplaynya sehingga ini membantu usaha melaut yang tengah melimpah-melimpahnya musim ini," Katanya, Rabu (29/3/2022).

Ia menambahkan, suplay solar di jatah pertiga bulan dari depot, dimana untuk Ciparagejaya saat ini di suplay 140.000 liter per bulannya dengan asumsi pergerakan 250 perahu di Ciparage, berbeda dengan kapal di Pasirputih Desa Sukajaya yang mayoritas butuh 1.000 liter perharinya karena akses melautnya hingga Sumatera dan Kalimantan. Hanya saja memang diakui sapeulloh,  pengiriman solar ini terkadang sesekali agak terlambat, karena membawahi 4 kabupaten sekitar. 

"Namun demikian, kebutuhan solar bagi nelayan sejauh ini sudah cukup kondusif dan semoga terus stabil, " Ujarnya. (Rd)