Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana akan dilantik menjadi Wali Kota Bandung definitif sisa masa jabatan 2018-2023 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Senin (18/4/2022).

Foto : Yana dan Istri

Dia menggantikan Oded M Danial yang meninggal dunia pada Desember tahun 2021.

Proses pelantikan diawali acara pengambilan sumpah, penandatanganan berita acara pelantikan. Selanjutnya Gubernur Jawa Barat menyerahkan surat keputusan dan menyematkan tanda jabatan.

Informasi yang dihimpun dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yana Mulyana menjadi Wali Kota Bandung ke 17 sejak dari masa kemerdekaan dimulai oleh R.A Atmadinata, hingga era Ridwan Kamil dan Oded M Danial. Saat pelantikan ia akan didampingi oleh istrinya Yunimar dan kedua anaknya Ahmad Reza Junadi dan Misyayunanti Azzahra.

Yana merupakan warga asli Kota Bandung yang lahir pada tanggal 17 Februari 1965. Ia merupakan putra dari almarhum Letjen TNI (Purn) Soepardjo bin Redjoprawiro.

Sebelum berkecimpung di dunia politik, sosoknya dikenal sebagai pengusaha properti dan usaha lainnya. Dia pun merupakan seorang pendiri salah satu radio di Kota Bandung.

Dia merupakan alumni SD Negeri Panorama, SMP 15 Bandung, SMA 5 Bandung dan lulusan Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung. Yana yang mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Bandung berpasangan dengan Wali Kota Bandung Oded M Danial pada tahun 2018 lalu memenangkan pilkada di Kota Bandung.

Saat dikonfirmasi, Yana membenarkan bahwa dia akan dilantik pada Senin (18/4/2022) di Gedung Sate. "Iya insya Allah (dilantik)," katanya.(*)