PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat hingga 14 April ini sebesar 935.570 tiket KA Jarak Jauh terjual. Angka itu, sebesar 38 persen dari total tiket yang disediakan KAI.

Foto ilustrasi : Penumpang kereta api

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan pada mudik kali ini, rute-rute favorit masyarakat pada masa angkutan lebaran tahun ini yaitu Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Malang pp, dan lainnya.

"Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat untuk arus mudik yaitu 30 April dan 29 April, sedangkan untuk arus balik yaitu 7 Mei dan 8 Mei," ujar Joni dalam keterangan di Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Dalam pelaksanaan mudik kali ini, tutur Joni, KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau 22 April sampai dengan 13 Mei 2022.

"Kami melihat bahwa tiket kereta pada masa Angkutan Lebaran secara umum masih cukup banyak tersedia," imbuh dia.

Joni mengimbau kepada masyarakat agar bisa mencari tanggal dan rute alternatif jika rute Kereta api yang diinginkan telah habis tiketnya.

"Masyarakat dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengkombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," kata Joni.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan akan ada sekitar 8 juta pemudik yang akan menggunakan transportasi kereta api pada perayaan lebaran tahun ini.

"Prediksi ada sekitar 8 juta penumpang yang naik kereta api," kata Menhub Budi dalam keterangan persnya, Minggu (10/4/2022).(*)