Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan melakukan unjuk rasa yang dijadwalkan pada Senin (11/4) besok di Jakarta.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak kepolisian pun menyiapkan pengalihan arus di sekitar Istana Negara. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya akan melakukan penutupan beberapa ruas jalan, tepatnya mulai pukul 08.30 WIB.

Menurut Sambodo, penutupan dimulai dari Jalan Medan Merdeka Barat, karena akan dipasang security barrier atau pagar kawat, berikut water barrier di kedua arah. Arus lalu lintas akan dialihkan ke Jalan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan. Begitu juga kawasan Harmoni arah ke Istana akan ditutup.

“Untuk di DPR, sifatnya situasional melihat perkembangan massa. Bila massa cukup banyak, arus (lalu lintas) akan ditutup di bawah jembatan layang. Akan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda,” jelas Sambodo kepada wartawan, Minggu (10/4).

Dengan adanya rekayasa lalu lintas, pihaknya mengimbau pengendara untuk menghindari kawasan Monas dan Istana Negara. Sehingga, pengendara tidak terjebak di tengah aksi protes.

Lebih lanjut, Sambodo memaparkan rute pengalihan arus lalu lintas. Pertama, arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III, diarahkan lurus ke Harmoni.

Kedua, arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara, dibelokkan ke kanan Jalan Perwira. Ketiga, arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan, diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Adapun keempat, arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju Bundaran Patung Kuda, dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih. Kelima, arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan dibelokkan ke kiri Jalan Budi Kemuliaan, diluruskan ke Jalan Fachrudin.

Lalu, arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan, diluruskan ke Jalan Abdul Muis. Keenam, arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum, diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

Berikut, arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum, diluruskan ke Jalan Majapahit. Ketujuh, arus lalu lintas dari Jalan Hayam Muruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit, dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda.

Kedelapan, arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit, diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun di belokan ke kanan Jalan Gajah Mada. Terakhir, arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju ke Jalan Majapahit, dibelokkan ke Jalan Tanah Abang II.(Media Indonesia).