Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta, aparat penegak hukum mengusut semua oknum yang terlibat dalam kasus dugaan gratifikasi atau suap pemberian izin penerbitan ekspor (PE) minyak goreng.

"Saya minta diusut tuntas kasus minyak goreng," kata Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers di Pasar Bangkal di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur (Jatim), pada Rabu (20/4/2022).

Presiden Jokowi

Menurut Presiden, seluruh masyarakat harus mengetahui oknum-oknum yang terlibat dalam kasus di atas. Sebab, adanya kasus itu membuat keberadaan minyak goreng di pasaran menjadi langka.

Kemudian, membuat harga minyak goreng dari berbagai jenis mulai dari curah, kemasan sederhana hingga kemasan premium, juga melonjak tajam dalam beberapa waktu belakangan.

"Artinya memang ada permainan, karena Kejaksaan Agung menyewakan beberapa orang," tutur Presiden.

Dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh segelintir oknum itu, lanjut Presiden, sejumlah kebijakan yang ditetapkan dalam menekan harga minyak goreng di dalam negeri menjadi tidak efektif.

Lalu, juga keberadaan minyak goreng menjadi langka di berbagai pasaran baik di retail modern maupun di pasar rakyat tradisional.

"Penetapan harga eceran tertinggi minyak curah dan subsidi minyak goreng ke produsen tidak efektif," tutur Presiden.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung proses hukum yang dilakukan Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam menindak lanjuti dugaan gratifikasi pemberian izin PE minyak goreng.

Proses hukum yang telah dilakukan tersebut, kini salah satu pejabat di tingkat eselon 1 yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu. Oknum itu, yaitu Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri dengan inisal IWW yang terlibat dalam aktivitas pelanggaran hukum di atas.

"Kementerian Perdagangan mendukung proses hukum yang berjalan saat ini," kata Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, melalui siaran pers yang diterima InfoPublik pada Selasa (19/4/2022).

Mendag M.Lutfi

Sebagai bentuk dukungan penegakan hukum itu, lanjut Mendag, bersiaplah untuk berkoordinasi secara intensif dengan aparat penegak hukum. Agar, setiap informasi yang berkaitan dengan penegakan hukum tersebut dapat dijadikan sebagai bahan dalam persidangan kasus tersebut.

"Saya telah menginstruksikan jajaran Kemendag untuk membantu proses penegakan hukum yang tengah berlangsung," tegas Mendag Lutfi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menginstruksikan, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, untuk membuat rute penerbangan langsung dari Kota Surabaya menuju Kabupaten Sumenep dan penerbangan langsung DKI Jakarta menuju Kabupaten Sumenep.

Penerbangan langsung tersebut, harus segera diwujudkan dalam waktu dekat. Sebagai alternatif bagi masyarakat yang akan melakukan kegiatan mudik menjelang perayaan Idulfitri yang segera tiba.

"Saya minta menjelang hari raya Idulfitri agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep," kata Presiden ketika meresmikan Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur (Jatim) pada Rabu (20/4/2022).

Presiden meyakini, rute penerbangan langsung tersebut sangat diminati oleh masyarakat yang berada di wilayah terkait. Karena, melalui rute itu dapat mempermudah mobilitas antarwilayah tersebut dalam melakukan kegiatan produktif.

"Kita coba apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya. Menurut saya penuh," tutur Presiden.

Semakin mudahnya masyarakat melakukan mobilisasi antarwilayah tersebut, tentunya akan membuka peluang pertumbuhan perekonomian di wilayah terkait. Berbagai aspek perekonomian akan berpeluang berkembang melalui kemudahan mobilisasi yang diberikan.

Dengan begitu, masyarakat yang berada di wilayah terisolasi di wilayah Kabupaten Sumenep dapat terhubung dengan wilayah lain. Melalui rute penerbangan langsung yang disediakan oleh pemerintah ke sejumlah daerah lainnya.

"Meningkatkan daya saing daerah menggerakkan perekonomian masyarakat agar membuat masyarakat lebih sejahtera," imbuh Presiden.

Adanya kebijakan itu, akan membuat daya tempuh masyarakat menuju kawasan yang berada di sekitar pulau Madura dapat menjadi lebih singkat. Diperkirakan, waktu tempuhnya dapat dipangkas menjadi sekitar satu jam melalui Bandara Trunojoyo yang baru diresmikan.

Selama ini, akses utama dalam menggapai daerah di sekitar pulau Madura hanya bisa dijangkau melalui jalur laut dan darat saja. Yang memakan waktu mencapai 24 jam atau sekitar satu jari perjalanan.

"Menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang dengan menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja," pungkas Jokowi. (ts)