Lebaran 1443H sudah di depan mata. Berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk untuk mudik. hasilnya?(11/4/2022).

Menghadapi momen akbar tahunan itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan infrastruktur mudik. Salah satunya, untuk pemudik di Jawa, khususnya jalur pantai utara (Pantura) adalah melakukan pekerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta – Cikampek Jalur B (KM 67 – KM 50).

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, yang melakukan safari kesiapan jalur mudik Lebaran 2022 di Pulau Jawa, akhir pekan lalu, meninjau pelebaran Jalan Tol Jakarta – Cikampek Jalur B (KM 67 – KM 50). Langkah pelebaran ini sebagai antisipasi untuk ruas fungsional terbatas pada arus balik Lebaran 2022 khususnya kendaraan kecil.

"Jadwal pekerjaan hingga H-10 Lebaran 2022 tinggal 12 hari lagi, harus dikejar progresnya agar bisa fungsional saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 nanti," kata Menteri Basuki.

Selain itu, Menteri Basuki juga berpesan agar saat sudah pekerjaan pelebaran jalan tersebut agar kembali dihijaukan sisi tepi bahu dengan menanami pohon.

Berdasarkan data, total pelebaran jalan yang dilakukan sepanjang 11,73 km, dengan progres hingga awal April 2022 sebesar 15,9 persen. Ditargetkan hingga H-10 Lebaran 2022 pekerjaan pelebaran jalan tersebut sudah mencapai 9 km dan dapat dibuka kembali saat nanti dilanjutkan pekerjaan setelahnya.

Sebelumnya dalam persiapan Jalan Tol Trans Jawa Menteri Basuki juga meninjau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 360 Tol Semarang-Batang. "Sebagai antisipasi dari para pemudik, menyiapkan tambahan minimal 50 toilet sementara. Dibuat sebanyak mungkin di tempat-tempat yang tidak dibuat dan dibuat serakah mungkin," lanjutnya.

Menteri Basuki juga meninjau perbaikan Jalan Tol Pejagan Pemalang tepatnya di KM 253. "Perbaikan jalan tol seperti ini harus memperhatikan kualitas perbaikan termasuk dalam proses pengaspalan," ujarnya. (Rls)