Breaking News
---

Santriwati di Sukabumi yang Hilang saat Naik Angkot Ditemukan di Jakarta, Begini Kronologinya

Isak tangis mewarnai kedatangan Elsa Julianti (16) santriwati yang dikabarkan hilang saat menaiki angkutan kota (angkot) ketika akan pergi ke pesantren tempat menuntut ilmu. Suasana haru menyelimuti kedatangan santriwati di Polsek Sukalarang pada Jumat (27/5/2022) sekitar pukul 00.10 WIB dini hari.

Elsa Julianti (kerudung hitam) dipeluk ibunya Yati, saat kembali ke Sukabumi

Kapolsek Sukalarang AKP Asep Jenal Abidin mengatakan, bersyukur atas ditemukannya Elsa Julianti, santriwati yang viral di media sosial hilang sejak Senin (23/5/2022). Elsa dikabarkan hilang saat berangkat dari rumah dengan menggunakan angkot dan sempat meminta tolong kepada teman, orang tua, dan gurunya.

"Jadi untuk motifnya EJ melakukan semua itu karena dirinya sudah tidak mau tinggal di pesantren, sejak dari sekolah dasar (SD) hingga sekarang dia mengaku bosan sehari-harinya berada di lingkungan pesantren," kata Kapolsek Sukalarang kepada MNC Portal Indonesia (MPI).

AKP Asep Jenal Abidin menyatakan, kronologi kejadiannya bahwa sejak awal pergi dari rumah, Elsa Julianti tidak berniat kembali ke pesantren. Dengan menaiki angkot, dia bertujuan untuk menemui temannya yang berinisial L di wilayah Tugu ABC Pasekon, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi.

"Ketika sampai di tujuan dan meminta berhenti. Kemungkinan sopir angkot tersebut tidak mendengarnya lalu melanjutkan perjalanan hingga titik pemberhentian terakhir angkot di Pasar Sukaraja. Setelah itu EJ naik angkot kembali menuju Kota Sukabumi dan sempat menginap 2 hari di losmen wilayah Kota Sukabumi," ujar AKP Asep Jenal Abidin.

Setelah dua hari di Kota Sukabumi, tutur Kapolsek Sukalarang, perbekalan uang yang dibawa Elsa habis. Dari situ, Elsa mulai berpikir untuk bekerja. Setelah mendapat informasi dari temannya ada lowongan pekerjaan di Jakarta, lalu santriwati tersebut janjian dengan agen penyalur asisten rumah tangga di wilayah Gekbrong untuk berangkat ke Jakarta.

"EJ (Elsa Julianti) ditemukan di Mangga Dua Jakarta dan bekerja di sana sebagai pengasuh anak di sana. Lalu anggota kepolisian yang dipimpin Kanit Reskrim menjemputnya di lokasi tersebut," tutur Kapolsek Sukalarang.

Sementara itu, Junaedi (38) ayah Elsa, mengatakan, sangat berterima kasih kepada kepolisian atas ditemukan anaknya tersebut. "Alhamdulillah senang bisa ditemukan dari bapak polisi sudah bantu saya. Alhamdulillah gitu aja, anak saya sudah ditemukan lagi," kata Juanedi.

Diberitakan sebelumnya, Elsa Julianti (16), santriwati dilaporkan hilang oleh keluarganya saat berangkat dari rumah dengan tujuan ke pesantren tempatnya menuntut ilmu. Sebelum hilang, Elsa sempat mengirimkan pesan meminta tolong karena dibawa kabur oleh sopir angkutan kota (angkot) yang dinaiki.

Elsa Julianti, warga Kampung Nyalindung RT 12/03, Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, merupakan anak pertama pasangan suami istri Junaedi (38) dan Ati (39). Dia menuntut ilmu di Pondok Pesantren (ponpes) di daerah Ciburial, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi.

"Pada Sabtu (21/5/2022), Elsa pulang ke rumah mengambil keperluan selama berada di pesantren. Setelah 3 hari di rumah, pada Senin (23/5/2022), dia pamit akan berangkat kembali ke pesantren," kata Junaedi kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (26/5/2022).

Junaedi menyatakan, saat pergi dari rumah, Elsa diantarkan oleh uwaknya menggunakan sepeda motor ke jalan raya. Kemudian Elsa melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot untuk sampai ke pesantren. Namun di tengah perjalanan itu, tiba-tiba Elsa mengirimkan pesan WhatsApp (WA) kepada temannya dan meminta tolong.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan