×

Iklan

Indeks Berita

India Rusuh Usai Unjuk Rasa Penghinaan Nabi Muhammad, Pemerintah Masih Bungkam

7 Jun 2022 | Selasa, Juni 07, 2022 WIB Last Updated 2022-06-07T13:19:27Z

India jadi sasaran kemarahan sejumlah negara buntut ucapan dua orang politisi Partai Berkuasa di negara itu, Bharatiya Janata Party (BJP), yang menhina Nabi Muhammad.

Politisi India Nupur Sharma - profil Nupur Sharma (IG/nupursharma_bjp)

Nupur Sharma dan Jindal, dua politikus yang menghina Nabi Muhammad kini sudah dibebastugaskan untuk sementara dari partai.

Namun, hal itu tidak berdampak pada kemarahan yang juga berasal dari warga lokal. Unjuk rasa terjadi di berbagai titik di Mumbai.

Massa dikabarkan mengarah pada kekerasan hingga berdampak pada penangkapan 38 orang akibat kerusuhan di Kota tersebut.

Dalam laporan Reuters, pejabat Qatar, Arab Saudi, Oman, Uni Emirat Arab, Afghanistan, Pakistan, dan Iran menuntut India untuk segera meminta maaf meski hingga kini negara itu masih bungkam. Tidak hanya itu, sejumlah diplomat di negara-negara teluk dimintai penjelasan dari negara terkait.

India memang terus jadi sorotoan terkait kebebasan agama. Semenjak dipimpin Narendra Modi yang berasal dari Partau BJP, India kerap diam saat sentimen anti-Islam memanas,mengutip suara.com, (7/6/22).

Modi bahkan mengizinkan larangan penggunaan kerudung bagi pelajar muslim perempuan di daerah. Pemeluk agama Islam di India tergolong minoritas, hanya mencapai 14 persen dari total total sekitar 1,4 miliar.(*)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS