×

Iklan

Indeks Berita

Demi Sambut Kepulangan Jamaah Haji

17 Jul 2022 | Minggu, Juli 17, 2022 WIB Last Updated 2022-07-17T10:13:26Z

Ada yang berbeda di Jalan Sunan Kalijogo Kabupaten Tuban hari ini, Minggu (17/07/2022). Jalan raya yang biasanya padat kendaraan itu kini lengang.

Sejumlah orang duduk di trotoar jalan. Ternyata di jalanan itu para jamaah haji akan tiba dari Bandara Juanda. Warga yang berada di trotoar itu merupakan anggota keluarga jamaah.

Petugas kepolisian dan dinas perhubungan memang sedang menutup akses jalan tersebut untuk menghindari kemacetan di jalan tersebut. Adapun titik penjemputan dipusatkan di lapangan Kompi Senapan C521 Tuban.

Penutupan akses Jalan Sunan Kalijogo dilakukan mulai dari bundaran Patung Letda Sucipto, dari arah barat. Sedangkan untuk yang dari timur, arus kendaraanmmulai dilakukan pengalihan di simpang empat Kembang Ijo.

Kanit Penegakan Hukum (Gakum) Sat Lantas Polres Tuban Ipda Eko Sulistyono, menjelaskan kalau arus jalanan sedang direkayasa untuk mengantisipasi membludaknya masyarakat yang menyambut kedatangan jamaah haji.

"Sementara jalan Sunan Kalijogo dilakukan pengalihan arus karena kedatangan jemaah haji," katanya dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com.

Selain dilakukan penutupan, kegiatan Car Free Day (CFD) yang biasanya dilakukan di jalan Sunan Kalijogo sekitar kawasan GOR Tuban juga ditiadakan untuk hari ini.

Pasalnya, kawasan tersebut dijadikan tempat parkir untuk kendaraan penjemput jemaah haji, "Nanti jalan akan kembali dibuka normal setelah semua proses kedatangan jemaah haji selesai," ujarnya.

Ashabul Yamin, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban mengatakan bahwa kedatangan jemaah haji kloter pertama mengalami keterlambatan dari jadwal semula. Awalnya, mereka dijadwalkan tiba di Tuban sekitar pukul 10.15 WIB, seperti dilansir suara.com

"Kedatangan Jemaah Haji kloter pertama mengalami keterlambatan. Setelah prosesi serah terima para jemaah langsung dipulangkan ke daerah asal dengan menggunakan armada bus yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah,”" ujar Ashabul Yamin.

Sementara itu, ratusan orang dari keluarga jemaah jaji Tuban yang melakukan penjemputan sudah nampak berdatangan di sekitar Kompi Senapan C521 Tuban. Bahkan mereka ada yang sudah datang sejak pagi tadi untuk menjemput keluarganya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.(**)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS