×

Iklan

Indeks Berita

Profil Brigita Manohara, Presenter TV Kondang dan Eks Caleg PDIP yang Diperiksa KPK

26 Jul 2022 | Selasa, Juli 26, 2022 WIB Last Updated 2022-07-26T09:04:22Z

KPK pada Senin (25/7/2022) kemarin, memeriksa presenter TV kondang, Brigita Purnawati Manohara yang diberi uang oleh tersangka Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP).

"Pada proses tadi (kemarin), saya menyampaikan fakta bahwa saya pernah mengenal tersangka dan saya pernah menerima aliran dana serta hadiah dari tersangka sebagai apresiasi atas profesi saya, yakni presenter dan konsultan komunikasi," ujar Brigita.

Saat dikonfirmasi terkait jumlah uang yang diterima, Brigita ogah menjelaskan secara rinci. Namun, dia memastikan akan mengembalikan uang tersebut ke KPK.

"Nanti penyidik yang akan menjelaskan lebih lanjut, yang penting di sini saya mau sampaikan bahwa seluruh aliran dana dan hadiah yang dinilai merupakan hasil korupsi akan saya kembalikan kepada negara," katanya.

KPK sendiri sedang menyidik kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah.

KPK akan menyampaikan pada publik mengenai pihak-pihak mana saja yang ditetapkan sebagai tersangka, kronologi uraian perkara, hingga pasal apa saja yang disangkakan ketika penyidikan cukup dan telah dilakukan upaya paksa penangkapan maupun penahanan. Dalam penyidikan kasus itu, KPK juga telah mencegah RHP bersama tiga orang lain bepergian ke luar negeri.

Profil Brigita Manohara

Banyak yang belum tahu tentang Brigita Manohara secara lebih detail. Nah, ERA merangkum info dari berbagai sumber soal profil Brigita.

Brigita lahir di Jakarta, 2 November 1985. Namanya melambung saat menjadi jurnalis dan pembawa acara berita Indonesia di TvOne.

Sebelum di TvOne, Brigita Manohara mengawali karier jurnalistiknya di program Pojok Arena dan Pojok Isuk (program berita pagi berbahasa Jawa) di JTV tahun 2005, Indosiar (2006-2008), Sonora FM (2007-2009), Metro TV (2009-2011), dan SBO TV (2011-2012). Ia juga pernah menjadi penyiar di Radio Mercury Surabaya dan Radio Sonora Surabaya.

Ia mengawali karier sebagai pembawa acara ketika terpilih sebagai juara dalam ajang news presenter di TPI tahun 2007. Saat ini Brigita lebih dikenal sebagai pembawa acara Kabar Hari Ini di TvOne, pengasuh program dialog ekonomi bertajuk Indonesia Business Forum, dan pembawa program Apa Kabar Indonesia Malam.

Sejak mahasiswa, Manohara merupakan simpatisan PDI Perjuangan dengan terlibat di dalam kegiatan Departemen Infokom DPD PDIP Jawa Timur yang dipimpin oleh politisi Indah Kurnia.

Tahun 2019, Manohara memutuskan terjun ke dunia politik untuk mewujudkan reformasi di bidang penegakan hukum, melalui proses legislasi di parlemen, dengan mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPR RI dari PDIP daerah pemilihan Lampung 1. Belakangan, dia gagal terpilih.(era)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS