×

Iklan

Indeks Berita

Sukses Bantu Ekonomi Warga, Bupati Karawang Tengok Implementasi 'Usaha' BJB Mesra di Desa Ciwaringin

1 Sep 2022 | Kamis, September 01, 2022 WIB Last Updated 2022-09-01T09:26:10Z
Disambut ratusan anak-anak Pramuka SDN Ciwaringin II Kecamatan Lemahabang, Bupati dr Cellica Nurrachadiana tinjau langsung progres implementasi program BJB Masyarakat Sejahtera (Mesra) yang berjalan beberapa bulan terakhir di Desa Ciwaringin, Kamis (1/9/2022). Desa yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Telagasari dan Purwasari ini, juga ditetapkan pihak BJB Cabang Karawang sebagai desa Digital yang sudah melayani langsung kemudahan bagi masyarakat sekitar untuk setoran Pajak Bumi Bangunan (PBB), Finance dan Listrik secara terintegrasi.
Foto : Celllica Nurrchadiana


"Alhamdulillah, selama program BJB Mesra dan Desa Digital ini berjalan sejak November 2021 lalu, masyarakat Ciwaringin sangat terbantu, karena selain memudahkan akses layanan pembayaran PBB, finance dan listrik langsung di Kantor Desa yang di fasilitasi WiFi hingga mesin Edc, program BJB Mesra juga mengakses pinjaman kredit bagi usaha kecil masyarakat Ciwaringin sekitar 55 orang dengan segudang kemudahan tanpa jaminan dan tanpa bunga dengan platform sudah sekitar Rp275 juta, " Kata Operator BJB Mesra Desa Ciwaringin yang juga Aparat Desa setempat, Samin kepada pelitakarawang.com, Kamis (1/9/2022).
Foto : Kegiatan Kunjungan Tinjauan Bupati Karawang ke Desa Digital BJB di Ciwaringin Kecamatan Lemahabang Wadas

Bupati Karawang, dr Cellica Nuracahdiana mengungkapkan, menindaklanjuti amanah Kepres Nomor 3 tahun 2021 tentang Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), Pemkab ikut mendorong implementasi digitalisasi serta inklusi keuangan di lingkungan Pemerintah Daerah dan masyarakat Karawang. Atas hal tersebut, dirinya sebut Bupati, di dampingi langsung Kepala BJB Cabang Karawang Maman Rukmana, Plt Camat Lemahabang Arta SH dan Kepala Desa Ciwaringin Uci Sanusi, kunjungi langsung desa ini yang sudah di tunjuk sebagai Desa Digital.

"Setelah saya cek, kami apresiasi Desa Ciwaringin telah menjadi Desa Digital BJB yang sudah mempermudah layanan bagi masyarakat lebih dekat dan optimal, " Katanya.

Foto : Kegiatan Kunjungan Tinjauan Bupati Karawang ke Desa Digital BJB di Ciwaringin Kecamatan Lemahabang Wadas

Cellica menambahkan, Desa Ciwaringin, pengelolaan keuangannya telah menggunakan Siskeudes dengan integrasi Internet Banking (IBC) bank bjb sehingga transaksi untuk cek saldo, transfer, pembayaran menjadi lebih cepat, mudah dan akuntabel. Lebih dalamnya, Desa Ciwaringin, inklusi keuangannya meningkat dengan adanya Agen bjb laku pandai dan QRIS
payment, sehingga tambah Cellica, akses keuangan masyarakat untuk buka rekening, menabung, transfer, pembayaran pajak dan lainnya menjadi lebih mudah.

Ditambahkan Bupati, Desa gudang rambutan ini menyebut, pemberdayaan ekonomi masayarakatnya juga nampak lebih meningkat dengan 
memanfaatkan fasilitas kredit KUR dan Kredit Mesra bank bjb, sehingga sangat membantu permodalan dan meringankan para pelaku usaha mikro di Desa Ciwaringin. Jika usaha mikro ini terus naik progresnya, ia pastikan Pemkab Karawang akan menyumbang peralatan kepada para pelaku usaha umkm di Desa ini.

"Terimakasih bank bjb telah membantu Digitalisasi Transaksi Keuangan Desa dan Pemberdayaan, " Ujarnya.

Foto : Kegiatan Kunjungan Tinjauan Bupati Karawang ke Desa Digital BJB di Ciwaringin Kecamatan Lemahabang Wadas

Hadir dalam peninjauan Desa Digital dan Program BJB Mesra di Desa Ciwaringin tersebut, Maman Rukmana Kepala Cabang Bank bjb Karawang bersama Manager UMKM bank bjb Karawang Irvan Harry Priatna dan sejumlah masyarakat pelaku UKM penerima manfaat BJB Mesra. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS