×

Iklan

Indeks Berita

Kerjasama KBPP, JHPiego Beri Apresiasi Layanan Kesehatan di Karawang

7 Des 2022 | Rabu, Desember 07, 2022 WIB Last Updated 2022-12-07T12:33:27Z
Jhons Hopkins Program For International Education In Gynecology and Obstretric (JHPiego), beri apresiasi secara khusus kepada RSUD Karawang, Puskesmas Kotabaru, Puskesmas Cikampek, Puskesmas Rengasdengklok, Rumah Sakit Hermina dan Rumah Sakit Citra Sari Husada yang telah mengikuti pelatihan Pelatihan Keluarga Berencana Pasca Persalinan (KBPP) selama setahun terakhir (2021-2022). Lembaga internasional yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan BKKBN Provinsi Jawa Barat ini, menyerahkan segudang apresiasi tersebut di Bandung, Rabu (7/12/2022) dan di hadiri peserta dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Barat.


Foto : Pemberian Apresiasi JHPiego ke 20 Dampingan Program KBPP Kepada Fasilitas Kesehatan di Karawang


Salah satu penerima apresiasi tersebut, adalah Puskesmas Kotabaru. Dikatakan Kepalanya, H Ucin Supriyadi, Jhpiego merupakan lembaga dari luar negri yang bekerja sama dengan dinas kesehatan dan BKKBN provinsi Jabar, termasuk kabupaten/kota dalam upaya melakukan pelatihan KBPP. Untuk Karawang sendiri, sebut Ucin, penerima anugerah tersebut, di berikan kepada layanan kesehatan yang bekerjasama selama terakhir, yaitu RSUD Karawang dan 3 Puskesmas antara lain Kotabaru, Puskesmas Cikampek, Puskesmas Rengasdengklok dan 2 Rumah sakit Swasta.

"Apresiasi langsung dari JHPiego ini di serah terimakan di Bandung kepada layanan kesehatan yang kerjasama dalam keluarga berencana pasca persalinan (KBPP)" Katanya.

Ucin menambahkan, KBPP adalah KB pasca Persalinan yaitu pelayanan kontrasepsi yang diberikan setelah persalinan di sampai 42 hari masa nifas (Post Partum). Ini, sebutnya, sudah di lakukan di puskesmas Kotabaru, dimana  pelayanan konseling KBPP pada usia kehamilan 28 Minggu, pelayan konseling sebelum pulang dari faskes berdasarkan MKJP dan Non MKJP serta penggunaan KBPP sebelum pulang berdasarkan metode (AKDR- PP, Implan, Suntik, Progrestin 3 bulan, Pil Progrestin, Kondom dan Tubektomi) ada dan tersedia.

"Termasuk ibu bersalin yang mendapatkan konseling saat nifas dan ibu bersalin yang menggunakan KBPP saat kunjungan nifas di faskes, juga hadir di layanan Puskesmas, bahkan, pemasangan KBPP ini dilakukan untuk segera setelah ibu pasca melahirkan, " Ujarnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS