Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang, tahun ini memasang sebanyak 286 lampu PJU (penerangan jalanumum) disejumlah titik di berbagai wilayah. 

"Pada bulan ini ada dua titik pembangunan PJU yang akan dikerjakan. Ada anggaran perubahan 2 kegiatan, 1 pokir dan 1 paket  tanggal 21 Desember harus segera selesai," ujar Kepala Bidang Prasarana Dishub Karawang, Dikhy Prayoga.

Dikatakan, akhir tahun ini pihaknya sedang melakukan monitoring lampu PJU yang belum tersentuh untuk dikerjakan pada tahun depan, baik pemeliharaan maupun pembangunannya. Pada tahun ini, pembangunan PJU sebanyak 286 titik. 

"Yang pakai tiang oktagonal tinggi 9 meter sebanyak 240 titik sedangkan yang menempel 46 titik," tuturnya.

Dikatakan Dikhy, jika berdasarkan jumlah yang dibangun, pembangunan PJU pada tahun ini sudah sesuai target. Namun, terkait waktu pengerjaan perlu dilakukan evaluasi mengingat pada saat Februari dan Maret ada pergeseran nomor DPA sehingga sempat terhenti dulu.

"Bakal ada evaluasi terlebih dahulu oleh Asda II semua pembangunan," katanya. 

Dikhy mengatakan, wilayah atau titik yang harus dibangunkan PJU di Karawang masih banyak. Karena berdasarkan Surat Keputusan Bupati Karawang No 620/ kep.384/2016 tentang penetapan status ruas jalan wilayah kabupaten Karawang dibagi menjadi 4 ruas jalan diantaranya ruas jalan nasional sebanyak 14 ruas, jalan propinsi 3 ruas, jalan tol 2 ruas dan jalan kabupaten Karawang ada 772 ruas. 

"Berdasarkan Perda Nomor 2 tahun 2019 tentang pengelolaan alat penerangan jalan umum, dalam ruang lingkupnya yang harus Pemda lakukan pembangunan dan pemeliharaan serta pengawasan, pengawasan atau pemeliharaan masih berjalan," katanya. 

Sementara titik yang harus diperhatikan, lanjut dia, sesuai Perda Nomor 2 tahun 2019 ada 7 yang harus diperhatikan. Diantaranya ruas jalan arteri, ruas jalan kolektor, ruas jalan lokal, luas jalan lingkungan, ruas jalan yang rawan kecelakaan, ruas jalan yang rawan kejahatan atau kriminal dan falitas umum pelayanan publik.
Foto ilustrasi

"Berdasarkan data Pemda sudah membangun PJU sebanyak 6.849 titik, tapi masih banyak yang harus dibangun," jelasnya.

Pada tahun 2023 nanti, tambah dia, pihaknya berencana untuk membangun sebanyak 170 titik PJU yang bertenaga listrik.
"Tahun depan ada 170 titik yang PJU PLN, karena PJU kan ada yang menggunakan solar cell atau tenaga matahari," pungkasnya. (Rd)