Badan Perwakilan Desa (BPD) yang tergabung dalam forum Asosiasi BPD Nasional (Abpednas) Kecamatan Telagasari gelar kegiatan study banding ke Desa Wisata Alam Endah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Sabtu akhir pekan kemarin (27/5/2023). 

Didampingi Staffa mKasie PMD Kecamatan dan pengurus Abpednas Kabupaten Karawang, rombongan BPD dari 14 desa itu di sambut langsung Ketua BPD Alam Endah, pendamping wisata
Foto : Kegiatan Studi Banding ABPednas Telagasari ke Wisata Alam Endah Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung
dan ketua ABPednas Kabupaten Karawang. 

Icam Iskandar, Ketua ABPednas Kecamatan Telagasari mengatakan, kegiatan study banding ini merupakan satu dari sekian program kerja BPD di semua desa se Kecamatan, dimana pihaknya ingin detail mengetahui lebih dalam terkait pengelolaan wisata, potensi peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) hingga regulasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakatnya. 
Sehingga, diferensiasi antar dua desa dan kecamatan yang berbeda kontur tanah, cuaca dan regulasi ini, bisa di tiru hal-hal positifnya untuk di replikasi di setiap desa yang ada di Karawang, khususnya Kecamatan Telagasari.
Foto : Kegiatan Studi Banding ABPednas Telagasari ke Wisata Alam Endah Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung

"Mohon arahan dan pencerahannya. Terimakasih atas kesediaan Ketua BPD Alam Endah dan juga Abpednas Kabupaten Bandung yang sudah mensupport kegiatan ini kepada rekan-rekan sekalian " Pungkasnya.

Ketua ABPednas Kabupaten Bandung Firmasyah mengapresiasi atas kekompakan dan kehadiran para anggota BPD dari Kabupaten Karawang, khususnya di Telagasari. Jauh sebelum pelaksanaan, pengurus dan panitia sudah berkoordinasi dengannya terkait rencana kunjungan kerja ABPednas Kecamatan Telagasari ke Bandung ini. 
Sehingga, pihaknya memberikan tawaran soal agenda studi banding ini, sebab ada 100 dari total 271 desa yang tersebar di 31 Kecamatan di Bandung, semuanya sudah mengantongi izin SK Bupati, bahkan 100 desa wisata ini juga diberikan anggaran pendampingan untuk pengembangan wisata dan potensinya. Wal hasil, di dapatilah rekomenasi Desa Alam Indah ini. 

"Kami menghaturkan selamat datang dan mempersilahkan semua peserta untuk menikmati sejumlah lokasi wisata di Alam Endah Kecamatan Rancabali ini, " Katanya.

Sementara itu dalam paparannya, Ketua BPD Rancabali, Pendi mengatakan, Desa Alam Endah ini hadir sejak tahun 1978. Saat ini, penduduknya mencapai 26 ribu jiwa dengan beragam profesi dan mata pencaharian. Desa ini, diakui Pendi masuk dalam 100 desa wisata di Kabupaten Bandung yang di SK-Kan oleh Bupati, bahkan masuk nominasi dua lokasi 2 wisata dengan pendamping wisata terbaik Nasional. 
Pihaknya, memasrahkan pengelolaan wisata tidak melalui Bumdes, tetapi hasil musyawarah desa khusus (Musdes), pengelola di seshkan kepada para pendamping yang sudah terlatih dan kompeten, baik promosi digital maupun non digital untuk menarik minat banyak wisatawan masuk ke Alam Endah, sebab selain sudah di buatkan kesepakatan Perdes, pemasukan wisata yang masuk Pendapatan Asli Desa (PADes) juga bisa untuk menambah kesejahteraan pemerintah desa. 

"Di Bandung, Tunjangan BPD itu Rp1,2 juta perbulan, tapi kita gali potensi pendapatan lainnya bersama lewat pengelolaan wisata ini yang masuk ke kas PADes. Nah semoga hasil kunjungannya berkesan dan bisa di replikasi di setiap desa bapak/ibu di Karawang, " Ujarnya..(Rd)