Breaking News
---

Gebyar Paten Makin Paten, Terbukti Warga Cilebar Mampu Budidaya Anggur Laut

Gebyar Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di Kecamatan Cilebar kali ini berbeda. Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh didampingi Asisten Daerah I dan Asisten Daerah II meninjau proses budidaya anggur laut (Caulerpa sp) di Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar, Rabu (14/6/2023).
Foto : Kegiatan Paten di Cilebar


Usai Gebyar Paten, Wabup meninjau dan melihat proses budidaya anggur laut sebagai bahan olahan makanan. Kelebihan dari anggur laut dari rumput laut jenis lainnya, anggur laut bisa langsung dikonsumsi tanpa harus dikeringkan.

"Satu lagi produksi olahan dari alam Karawang. Ini di luar negeri harganya cukup mahal. Kita bisa langsung coba anggur laut di Cilebar dengan harga murah dan rasanya enak. Segar, sedikit asin dan tentunya sangat sehat dan baik untuk tubuh," ujar Wabup.


Dari berbagai penelitian, tanaman anggur laut mengandung protein dan mineral, seperti fosfor, kalsium, magnesium, hingga tembaga. Tidak hanya itu, makanan yang juga dikenal sebagai umibudo ini dilengkapi dengan vitamin A, C, E, B1, hingga B2 dan B3. "Anggur laut memiliki kandungan yodium yang cukup tinggi," ucap Wabup.

Wabup mengatakan, ia akan mendorong Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Kelautan untuk memajukan budidaya anggur laut. Mengingat anggur laut menjadi komiditas yang cukup digemari oleh negara Asia Timur seperti Jepang, Korea dan Cina.

"Potensi ekspor dan sebagai sumber protein masyarakat ini tinggi. Jadi perlu untuk dikembangkan," ujarnya. (Gj/red)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan