533 calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (Capraja IPDN) angkatan 34 mulai melaksanakan pendidikan dasar mental dan disiplin praja (Diksar Mendispra) pada Sabtu kemarin, 12 Agustus 2023.

Foto ilustrasi saat satu kegiatan di Jatinangor

Materi diksar mendispra yang diberikan pada capraja adalah hasil kerja sama IPDN dengan Polda Jabar. Materi diksar mendispra bertujuan untuk melakukan internalisasi nilai-nilai kepamongprajaan dalam membentuk karakter dan disiplin para calon praja, sehingga nantinya mereka memiliki mental dan disiplin yang kuat untuk dapat mengikuti pendidikan di IPDN.
Pada upacara pembukaan di Kampus IPDN Jatinangor Kabupaten Sumedang, Rektor IPDN, Hadi Prabowo, menekankan para capraja ini dituntut untuk memiliki kepribadian sikap mental yang tangguh, disiplin tinggi, perilaku dan karakter yang baik sesuai dengan nilai kepamongprajaan yang menjadi dasar pembentukan lembaga IPDN.
Dalam kesempatan itu juga, Rektor IPDN kembali menegaskan kampusnya melarang tindakan kekerasan dalam bentuk apapun.
Rektor IPDN meyakinkan calon muda praja maupun seluruh praja yang berada di IPDN akan hidup dalam kampus yang penuh disiplin dan tertib dengan dilandasi semangat kekeluargaan, kebersamaan dan kebangsaan.

Setelah pelaksanaan diksar mendispra ini, calon muda praja diharapkan dapat mengimplementasikan delapan nilai kepamongprajaan dalam perilaku dan karakter pribadi masing-masing.

Kedelapan nilai kepamongprajaan tersebut yakni:

1. Berjiwa Pancasila
2. Unggul, profesional dan berintegritas
3. Menguasai iptek dan berdaya saing
4. Kader revolusi mental dan agen perubahan
5. Mengayomi, melayani dan melindungi masyarakat
6. Perekat persatuan dan kesatuan NKRI
7. Berwawasan nasional dan global
8. Adaptif, inovatif, produktif dan kompetitif. (*)