Breaking News
---

Mengenal Anggrek Indah 'Vanda Tricolor'

Anggrek merupakan tanaman hias yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Sesuai data BPS, pada tahun 2021, permintaan anggrek di dalam negeri sebanyak 3.999.203 pot tanaman dan 11.351.615 tangkai bunga potong.

Anggrek Indah 'Vanda Tricolor'

Indonesia juga memiliki beragam spesies anggrek seperti anggrek Vanda, Dendrobium, Phalaenopsis sp. Atau anggrek bulan, Cattleya sp, dan masih banyak lagi. 

Plasma nutfah anggrek di Indonesia merupakan salah satu terbanyak di dunia. Dari sekitar 30.000 spesies anggrek di dunia, Indonesia memiliki sekitar 5000 spesies. 

Anggrek Vanda tricolor Lindl. var suavis merupakan anggrek alam asli Indonesia yang tersebar di Sulawesi, Jawa dan Bali. Anggrek ini banyak ditemukan di lereng Merapi dan hingga kini menjadi simbol dari Kabupaten Sleman.

Anggrek Vanda tricolor memiliki bunga yang indah berwarna dasar putih, dengan pola totol-totol berwarna merah keunguan pada sepal. Dan petalnya dan labellum berwarna ungu bergradasi merah sampai merah muda, serta berbau harum.

Vanda tricolor merupakan spesies anggrek dengan banyak keunggulan yang telah banyak dimanfaatkan sebagai indukan dari berbagai jenis anggrek hibrida. Selain itu bunga anggrek ini unik dan beraroma wangi sehingga memiliki potensi untuk dijadikan bunga potong.(**)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan