Bareng TNI - Polri, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Karawang berikan pelatihan siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) tahun 2023 dk Aula Kantor Kecamatan Tegalwaru, Kamis (19/10/2023).

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Tegalwaru Bunawan, S. E. Msi, Ketua PMI Kabupaten Karawang Eli Amalia, Danramil 0410 Pangkalan, Kapten Inf. Muhamad Syai’in dan relawan PMI se-Kecamatan Tegalwaru.
Foto : Ketua PMI Karawang Bersama Muspika dan Peserta Pelatihan Siaga Kebencanaan Berbasis Masyarakat di Kecamatan Tegalwaru


Ketua PMI Karawang, Elly Amalia Priyatna mengatakan, pelatihan kesiapsiagaan bencana ini penting terus di sosialisasikan. Karena, menghadapi bencana, bukan saja tugas relawan sosial maupun intansi pemerintah, tetapi nadi tanggung jawab bersama. Sehingga, masyarakat perlu tahu apa yang harus dilakukan, tindakan dan upayanya ketika berhadapan dengan bencana di sekelilingnya, sehingga mereka akan mampu menjaga diri, keluarga dan lingkungannya dengan baik dan terukur. 

"Semoga materi pelatihan ini bisa di serap pemahamannya oleh semua peserta dan tahu tindakan apa yang harus di lakukan saat lingkungannya di hempas bencana, " Ujarnya.

Kapolsek Tegalwaru, Ipda. Pol. Ata,SH mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh PMI Karawang dan menggunakan instrumen masyarakat sebagai pelaksana tugas kebencanaan. Diharapkan, sambung Kapolsek dengan adanya arahan dan pelatihan bisa meningkatkan sinergitas demi menanggulangi bencana yang bisa saja terjadi di wilayah kecamatan Tegalwaru.

“Intinya, peran semua elemen sangat membantu dalam menanggulangi kebencanaan, ” Tutup Kapolsek. (Rd)