Angka harapan hidup manusia Indonesia berada pada 73 tahun untuk pria dan 78 tahun untuk wanita. Kesimpulan tersebut muncul dalam data terbaru yang diluncurkan BPJS Kesehatan, Selasa (12/12/2023).


Angka Harapan Hidup Pria Indonesia Capai 73 Tahun

Dalam data yang diungkap tersebut, angka harapan hidup saat lahir untuk pria adalah 73,74 tahun. Sementara, angka harapan hidup saat lahir untuk wanita adalah 78,37 tahun.

Data tersebut dikompilasi dalam bentuk Buku Tabel Mortalitas dan Morbiditas Penduduk Indonesia Tahun 2023. Menurut BPJS Kesehatan, data yang digunakan berasal dari jumlah sampel terbanyak dibandingkan data tabel mortalitas yang sudah ada.

"Saat ini, Indonesia membutuhkan tabel mortalitas yang sesuai dengan karakteristik masyarakat. Penyelenggaraan Program JKN dengan cakupan luas menghasilkan data yang besar dalam pembentukan tabel mortalitas," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti saat peluncuran Buku Tabel Mortalitas dan Morbiditas Penduduk Indonesia Tahun 2023.

Tabel tersebut berasal dari sampel data sebanyak 254.872.335 milik BPJS Kesehatan yang diperoleh dari kepesertaan BPJS Kesehatan. Data ini juga menjadi data terkini yang diproduksi di Indonesia dengan rentang periode pengamatan tahun 2018-2022.

Selain usia angka harapan hidup manusia Indonesia, data Tabel Mortalitas BPJS Kesehatan tersebut juga mengungkap fakta lain. Fakta pertama adalah tingkat peluang kematian pada usia produktif diketahui lebih tinggi dibandingkan tabel mortalitas lainnya.

Fakta berikutnya adalah peluang kematian usia tua lebih rendah dibandingkan peluang kematian pada tabel mortalitas lainnya. Menurut BPJS Kesehatan, alasan dibalik fakta ini tengah dikaji dan akan diungkap dalam buku pelengkap berikutnya di Januari.

"Cause of death memang sedang dilakukan kajian dengan tabel morbiditas yang ada. Nanti, tentunya itu akan menjawab lebih detail apa yang akan terjadi," kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan BPJS Kesehatan Mahlil Ruby.(*).