Beredar sebuah unggahan video di platform YouTube yang mengeklaim mengenai Gibran Rakabuming Raka. Klaim tersbeut menyatakan jika polisi menemukan gudang yang digunakan untuk menyimpan ijazah palsu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Foto : Waspada Hoaks

Namun, saat ditelusuri melalui Kominfo.go.id, klaim tersebut hoaks.Faktanya, klaim polisi menemukan gudang yang digunakan untuk menyimpan ijazah palsu Gibran Rakabuming Raka adalah tidak benar. 

Aslinya, dalam video tersebut tidak ditemukan informasi bahwa polisi menemukan gudang yang digunakan untuk menyimpan ijazah palsu Gibran. Sementara itu, beberapa klip dalam video juga tidak terkait dengan narasi polisi menemukan gudang.

Apalagi gue digunakan untuk menyimpan ijazah palsu Gibran Rakabuming Raka. Video tersebut lebih banyak menampilkan pernyataan Dokter Tifa yang meragukan keaslian ijazah Gibran Rakabuming Raka.

Sementara itu, sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid polisi menemukan gudang penyimpanan ijazah palsu Gibran. Maka dapat disimpulkan jika klaim tersbeut merupakan konten yang di manipulasi.(*)

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/53809/hoaks-polisi-temukan-gudang-penyimpanan-ijazah-palsu-gibran/0/laporan_isu_hoaks