Breaking News
---

Milad CFD ISBI Tampilkan Budaya dan Kesenian

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung turut serta memeriahkan acara milad Car Free Day (CFD) Buahbatu ke-12 tahun yang digagas oleh Organisasi Komunitas Buah Batu Corps atau BBC, sekaligus menjadi bagian dari rangkaian acara Dies Natalis ISBI Bandung ke-55, Minggu (10/12/2023).

Dalam kegiatan itu, ISBI Bandung menyajikan arak arakan budaya, seperti Sisingaan, jajangkungan wayang, jaipongan serta penampilan angklung buncis dari Program Studi Angklung dan Musik Bambu, juga dimeriahkan oleh pertunjukan rampak kendang dari mahasiswa mancanegara yang belajar di ISBI Bandung melalui program Darmasiswa. Mereka berasal dari Australia, Papua New Guinea, Bangladesh, Timor Leste, Azerbaijan, Ceko dan Ukraina.

Rektor ISBI Bandung Dr. Retno Dwimarwati, mengatakan keterlibatan ISBI dalam kegiatan BBC, karena kampus ISBI berada di wilayah Buah Batu Bandung. Selain itu car free day menjadi ajang penyampaian keragaman budaya kepada masyarakat.


"Secara historis kami sangat dekat dengan BBC, apalagi ISBI Bandung juga berada di Jalan Buahbatu No 212, sejak tahun 1968. Kami menghadirkan kesenian yang ada di ISBI Bandung, kami bawa pendukung sebanyak 220 orang,disni hadir juga tenaga kependidikan yang memiliki anak asuh yang tadi membawa wayang. Kang Budi Dalton, alumni ISBI Bandung juga membawa perkusi Tatalu. Sisingaan juga dari alumni yang memberdayakan daerah Lembang, ada saudara Sukma di sana," sambuatan Retno.

Masih dari keterangan Retno, ISBI Bandung berusaha memeriahkan acara CFD Buahbatu yang ke-12 yang digagas oleh BBC. “Kami ikut berbangga bahwa kami bagian dari Buahbatu,” pungkas Retno.

Sementara itu Wakil Rektor I ISBI Bandung, Indra Ridwan, mengatakan, ISBI berada di Jalan Buahbatu, dan milad CFD Buahbatu hadir memberikan kontribusinya.

“Sekalian kami juga menginformasikan kepada masyarakat, ISBI Bandung juga berdiri sudah ada sejak tahun 1968, mungkin banyak masyarakat yang belum tahu juga. Sekalian kami sosialisasikan juga, ISBI Bandung punya seni tradisi dan modern,” kata Indra.

Kata Indra kegiatan ini juga dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ISBI Bandung, yang jatuh pada bulan Oktober lalu.Saat disinggung mengenai animo masyarakat terhadap kesenian yang ditampilkan ISBI Bandung di CFD Buahbatu, dari keterangan Indra, masyarakat senang dengan seni tradisional ada di acara ini.

“Jarang-jarang seni tradisi diikutkan. Mereka juga baru lihat Sisingaan seperti ini. Padahal ini umum, seperti biasa. Tetapi banyak juga yang belum kenal bagaimana sisingaan itu,” kata Indra.

Lanjutnya sebagai penjaga seni budaya Sunda, kegiatan ini juga mengenalkan seni Sunda ke khalayak umum, terkait sekolah seni dan kesenian di Jabar.Sekedar diketahui kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua MPO BBC, H. Dian Rahadian, beserta jajaran pengurus. Acara dipandu oleh Joe P Projects dan Dicky Chandra. Selain arak arakan dari ISBI Bandung, kegiatannya diisi dengan senam sehat. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan