Breaking News
---

Serapan Anggaran Masih 72,7%, OPD-OPD di Karawang 'Ngebut' Antre Sewa Hotel Berkegiatan !

Hingga pertengahan Desember 2023, serapan anggaran APBD Karawang masih jauh dari angka 100 persen. Pasalnya, data dari BPKAD Karawang mengabarkan, bahwa dari total anggaran Rp5,8 Triliun tahun ini, Pemkab Karawang baru membelanjakan Rp4,2 Triliun atau 72,7 persen. 
Foto : Ilustrasi


Sehingga, dalam kurun waktu kurang dari 20 hari lagi, Pemkab Karawang melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan, harus menghabiskan Rp1,59 Triliun atau 27,26 persen anggaran yang tersisa sebelum buku 2023 di tutup. 

Tak heran, jelang akhir tahun sejumlah OPD yang sebelumnya memble dalam serapan anggaran, "ngebut" membelanjakan sisa anggaran tersebut dengan tema-tema Peningkatan Kapasitas, Bimbingan Teknis, Seminar, Hingga Study Tiru. Bahkan, aula hotel-hotel mewah di Karawang, jadwalnya padat merayap setiap harinya di isi segudang kegiatan para Pejabat Pemkab demi 'menyerap' anggaran tersebut. 

Sebelumnya, Anggota DPRD Karawang Ir Teddy Luthfiana mengingatkan agar Pemkab percepat gelar APBD Perubahan sejak bulan Oktober dan November. Namun, kenyataannya pembelanjaan hingga aspirasi DPRD yang sifatnya tender dan menunggu regulasi tertentu, selalu dianggap mepet hingga akhirnya menyentuh bulan Desember akhir. Bahkan, alasan defisit masih diakali Pemkab lewat Silpa yang besarannya Rp500 Milyar tahun ini, karena banyak pembangunan tertunda untuk kemudian di anggarkan ulang lewat anggaran Silpa itu di tahun 2024, baik infrastruktur, pemberdayaan, hingga pembangunan RSUD Rengasdengklok yang di sebut-sebut membuat anggaran silpa membengkak. 

"Jadi alasan defisit, di akali dengan Silpa seolah-olah jadi masih balance. Padahal memang, banyak pekerjaan yang tidak di garap serius tahun ini, kan jelas mengganggu postur anggaran kita. Uang sudah ada atau ready, masih gak bisa membelanjakan, jadi heran kita, " Kata Teddy. 

Anggota DPRD Karawang lainnya, Natala Sumedha mengaku, pihaknya baru akan mengevaluasi serapan anggaran pada Minggu depan. 
"Kita lihat dulu trendnya, Minggu depan baru kita mau evaluasi, " Ungkapnya. (Rd)

Data Realisasi Serapan Anggaran Per 12 Desember 2023 : 

APBD : Rp5.841.843.823.679,00

Total Realisasi : 72,74 Persen
Rp4.249.494.235.135,00

Belum di Belanjakan : 27,26 Persen 
Rp.1.592.349.588.554,00

sumber : BPKAD Karawang
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan