*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Jangan Kaget dan Ini Faktanya, Kisah Kuliner "Tahu Gejrot"

Tahu gejrot merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang sudah menyebar ke berbagai kota di Indonesia. Jajanan ini identik dengan kuah pedas yang digunakan untuk merendam tahu sebelum disantap. jika kita jalan- jalan seputar jalan Kanoman kota Cirebon, atau di sudut-sudut keramaian yang ada di Kota Cirebon, makakan tradisonal ini sangat dengan mudah di dapatkan.

Foto : Tahu Gejrot

Tahukah anda bahwa tahu gejrot lahir dari perpaduan masakan China dan Cirebon. Dari cerita yang berkembang di masyarakat, hadirnya tahu gejrot tak bisa dipisahkan dari keberadaan keturunan Tionghoa.

Tak bisa dipungkiri, masyarakat Tionghoa merupakan orang-orang yang memperkenalkan tahu di Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Adapun nama 'tahu' berasal dari kata 'doufu' atau 'toufu' yang berarti kedelai yang terfermentasi.

Banyak masyarakat keturunan Tionghoa yang tinggal di daerah tersebut karena dekat dengan perairan, khususnya di sekitar Sungai Cisanggarung. Mereka memang membutuhkan tempat tinggal yang dekat perairan atau sungai karena kegiatan perekonomiannya masih menggunakan perahu.

Pada abad ke-18, masyarakat pun mulai mengenal tahu gejrot sebagai camilan. Kini tahu gejrot sudah melanglang buana ke daerah daerah lain di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan beberapa kota lainnya. Penasaran ,... ? yu ...ke Cirebon (*)

Komentar0