Baru-baru ini, aplikasi Instagram tengah mengembangkan fitur Friend Map. Nantinya, fitur tersebut memungkinkan pengguna melihat lokasi teman-teman mereka secara real time.

Foto ilustrasi

Pengumuman pengembangan fitur tersebut pertama kali diketahui dari Meta sendiri yakni induk perusahaan Instagram. Lebih tepatnya lagi, melalui juru bicaranya yang mengakui mereka sedang mengembangkan fitur tersebut. 

"Fitur ini merupakan prototipe internal, dan tidak sedang diuji secara eksternal," ucap Meta, dikutip, Tech Crunch, Kamis (29/2/2024).

Fitur Friend Map ini pertama kali ditemukan oleh reverse engineer Alessandro Paluzzi. Ia sering menemukan berbagai fitur media sosial yang sedang dalam pengembangan menjelang peluncuran resminya.

Bahkan, fitur ini mirip dengan Snap Map dari Snapchat. Jika Instagram benar-benar berencana secara resmi meluncurkan fitur tersebut, maka ini merupakan kedua kalinya perusahaan meniru Snapchat.

Sebelumnya, pada 2016, Instagram mengkloning fitur Stories dari Snapchat. Tidak hanya itu, Instagram juga dikabarkan akan hadir untuk Apple, dan fitur "Find My".

Yang mana akan memungkinkan pengguna melihat di mana teman dan keluarga mereka saat ini berada. Dengan fitur baru ini, Instagram akan memberikan alasan lain kepada para penggunanya.

Hal itu untuk menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasinya, dan lebih sedikit waktu di media sosial lain. Instagram juga berpeluang menarik perhatian orang-orang yang merupakan penggemar Zenly.

Zenly sendiri merupakan aplikasi peta sosial yang diakuisisi Snap dan kemudian ditutup tahun lalu. Nantinya, Friend Map Instagram akan memungkinkan pengguna untuk memilih siapa yang dapat melihat lokasi mereka. 

Tangkapan layar tersebut juga menunjukkan bahwa data lokasi akan dienkripsi dari ujung ke ujung. Pengguna dapat memilih membagikan lokasinya dengan followers, daftar "Close Friend" atau tidak sama sekali. 

Peta juga akan menampilkan pengaturan "Ghost Mode" yang akan menyembunyikan lokasi aktif terakhir pengguna. Bahkan, Fitur Friend Map juga memungkinkan pengguna meninggalkan pesan singkat, atau "Notes" di peta untuk dilihat orang lain. 

Instagram Notes saat ini merupakan pesan singkat yang muncul di bagian atas feed direct message pengguna. Tetapi, jika Friend Map diluncurkan, pengguna akan memiliki opsi untuk memposting pembaruan singkat ini di peta.(*)