Breaking News
---

Rusia Mulai Lakukan Pemungutan Suara Pilpres

Warga Rusia memulai proses pemungutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Minggu (25/2/2024). Pemilihan awal dilakukan di beberapa wilayah terpencil dan puncaknya berlangsung pada 15-17 Maret.

Rusia Mulai Lakukan Pemungutan Suara Pilpres

Pemungutan suara awal ditujukan kepada warga yang tinggal di wilayah yang sulit dijangkau. Selain itu, para pelaut juga memberikan suara mereka lebih awal. 

"Sesuai aturan yang berlaku, wilayah-wilayah tertentu boleh memulai pemungutan suara awal pada 25 Februari. Namun harus selesai paling lambat 14 Maret 2024," tulis laporan Sputnik. 

Pemungutan suara telah dimulai di Zaporizhzhia, wilayah Ukraina yang dicaplok Rusia selama invasi. Sementara itu wilayah lain juga akan menggelar pemungutan suara awal adalah Kherson.

"Ini pada Selasa (27/2/2024) serta Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk. Lalu masing-masing pada 10 dan 11 Maret," tulisnya menambahkan.

Komisi Pemilihan Umum Pusat menyatakan saat pilpres 2018, sekitar 180.000 orang memberikan suara lebih awal. Di mana dengan perincian 31.000 memberikan suara di TPS khusus para pelaut.

Puncak pemungutan suara Pilpres Rusia 2024 akan berlangsung pada 15 sampai 17 Maret 2024. Ini merupakan kali pertama pilpres diadakan selama beberapa hari di negara tersebut. 

Warga Rusia akan memilih satu dari empat calon presiden yakni Vladislav Davankov dari Partai Rakyat Baru, Leonid Slutsky dari partai nasionalis LDPR, serta Nikolay Kharitonov dari Partai Komunis. Ketiganya akan menghadapi petahana Vladimir Putin yang kali ini maju calon independen.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan