Bek asing milik Persib Bandung, Alberto Rodriguez, menjelma menjadi idola Bobotoh karena penampilannya yang apik dalam mengawal lini belakang bersama Nick Kuipers dan kawan-kawan. 

Foto: Alberto Rodriguez,

Sebelumnya, banyak yang skeptis dengan performanya karena baru pertama kali menjajal Liga Satu, diketahui, Alberto didatangkan oleh mantan pelatih Persib Luis Milla diawal musim Liga 1 2023/2024. 

"Oke bisa dilihat ketika dia baru tiba, dia memang banyak melakukan kesalahan. Tapi itu hal yang normal untuk pemain yang baru tiba (di Indonesia)," kata Pelatih Persib Bojan Hodak, Jumat (22/3/2024) malam.

Menurut Hodak, wajar jika pemain kelahiran Las Palmas 32 Desember 1992 itu membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Pasalnya. Alberto datang dari Spanyol yang mempunyai karakter sepak bola berbeda dengan Indonesia.

"Ketika baru bergabung dia membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menyatu dengan tim dan memahami perbedaan budaya," tuturnya.

Tapi kini, Hodak melihat Alberto Rodriguez mempunyai progres yang sangat bagus di sektor pertahanan, penampilannya tak tergantikan dengan seiring menyatunya ia dengan gaya permainan Pangeran Biru.

"Perbedaan gaya bermain dan banyak hal lain yang tentunya berbeda," ungkap Hodak.(*)