Breaking News
---

Arab Saudi Mulai Puasa Hari Ini?

Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi meminta warga muslim untuk mengamati penampakan hilal di malam tanggal 10 Maret 2024. Pasalnya, pada Minggu 10 Maret 2024 bertepatan dengan 29 Syaban 1445 dalam penanggalan Islam. 

Foto ilustrasi

"Jika hilal Ramadan terlihat pada Minggu malam, maka Ramadan akan dimulai pada Senin, 11 Maret. Jika tidak, bulan suci di Arab Saudi akan dimulai pada Selasa, 12 Maret," demikian tulis media Saudi Gazette, Minggu (10/3/2024).

Pemantauan hilal awal bulan Ramadan 2024 di Arab Saudi dilakukan dengan mata telanjang maupun alat bantu. Selain itu, otoritas setempat juga akan melakukan penghitungan secara astronomis atau hisab dalam menentukan awal Ramadan 2024.

Mahkamah Agung Saudi mengimbau, masyarakat yang sudah dapat melihat bulan sabit pada waktu yang ditentukan dapat melaporkan kesaksiannya ke pengadilan terdekat. Komite pengamatan bulan di Arab Saudi biasanya mengamati bulan pada hari-hari menjelang perkiraan tanggal mulai Ramadan.

Namun, umat Islam yang ingin melihat bulan sendiri dianjurkan untuk melakukannya juga. Pemantauan hilal di Indonesia sendiri akan dilakukan dalam rangkaian sidang isbat penentu awal bulan Ramadan 1445 Hijriah pada tanggal 10 Maret 2024. 

Kemenag akan menggelar sidang di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin mengatakan, sidang isbat akan digelar secara hybrid, luring dan daring. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan