Bencana tanah longsor dan banjir terjadi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu (24/3). Longsoran yang dipicu hujan deras di Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor dilaporkan sempat menimpun seorang warga.

Banjir dan Longsor di Bogor, Satu Orang Tertimbun

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, menjelaskan laporan (BPBD) Kabupaten Bogor soal warga yang hilang. Pencarian sempat dihentikan mengingat cuaca hujan di lapangan dan baru ditemukan Senin (25/3) pagi oleh tim gabungan.

"Selain satu orang tertimbun, longsor juga menyebabkan satu orang lainnya luka. Saat ini sudah dalam penanganan rumah sakit," ujarnya.

Sementara itu, banjir dengan tinggi 30 hingga 200 sentimeter juga melanda wilayah lainnya di Kabupaten Bogor. Adapun wilayah yang dilanda banjir berada di Kecamatan Bojonggede, Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Cibinong, Kecamatan Kemang, dan Kecamatan Parung.

Banjir merendam 959 unit rumah warga dan memaksa 219 jiwa untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.  BPBD melaporkan, beberapa warga pagi ini sudah mulai kembali ke rumah masing-masing untuk melakukan pembersihan pasca banjir yang berangsur surut.

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir dan longsor di wilayah pemukiman. Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi selama lebih dari satu jam, maka segera melakukan evakuasi mandiri ke tempat yang lebih aman.(*)