Bawaslu Kabupaten Karawang menggelar rapat kordinasi evaluasi Pemilu 2024 dengan jajaran panwascam se-kabupaten Karawang, pada Senin, (25/3/2024) kemarin, di Fave Hotel.

Foto ilustrasi

Tujuan rapat kordinasi evaluasi ini untuk menilai kinerja pengawas Ad-hock, salah satunya dengan Laporan Akhir.(26/3/24).

“Ada 5 indikator yang menjadi Bahan rapat kordinasi evaluasi kami yaitu, soliditas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas. Untuk evaluasi bagi jajaran pengawas Ad-Hock aja di laksanakan di bulan April nunggu intruksi dari Bawaslu RI seperti apa nanti system evaluasinya,” ungkap Komisioner Bawaslu Karawang, Rizal Fuad Muttaqin, Selasa, (26/3/2024).

Sambung Rizal, Evaluasi ini juga untuk menyiapkan Jajaran AD-Hock di Tahapan pilkada Atau pilgub nanti. Saat di tanya apakah akan ada perekrutan ulang pengawas ad-hock atau melanjutkan yang sudah ada?. Pihaknya menjelaskan, bahwa hal tersebut menunggu arahan dari Bawaslu RI dan Bawaslu Jabar.

“Kalo terkait perekrutan ulang pengawas ad-hock atau melanjutkan yang sudah ada, ini menunggu arahan dari Bawaslu RI dan Bawaslu Jabar. Untuk pelaksanaan nya paling di bulan april,” terangnya.

Adapun penilaian bagi pengawas ad-hock sendiri khususnya di Karawang, masih ada beberapa panwascam yang bermasalah dari segi kinerja dan integritas.

“Dari penilaian Bawaslu Karawang sejauh ini masih ada beberapa panwascam yang bermasalah dari segi kinerja dan Integritas. Kami dari Bawaslu Kabupaten Karawang sudah melakukan pembinaan bahkan sudah melayangkan peringatan Keras bagi panwascam yang melakukan pelanggaran dari segi integritas. Nah ini juga salah satu bentuk pembinaan dan evaluasi,” pungkasnya.(*)