Meskipun dalam suasana Bulan Suci Ramadan, upaya Pemerintah Kabupaten Karawang dalam melakukan sosialisasi pencegahan penurunan stunting tak pernah luntur. 
Foto : Kegiatan Seni wayang golek kolaborasi DPPKB - Disbudpar dalam rangka sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting di Karawang


Kali ini, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang menggelar acara ngabuburit bareng Seniman Peduli Kependudukan di Aula Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Selasa (25/3/2024).

Melalui acara ini, Seniman Peduli Kependudukan memberikan pertunjukan wayang golek yang dalam tutur ceritanya di isi dengan edukasi stunting dan program Banga Kencana lainnya.
Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dari DPPKB Karawang, Disparbud Karawang, hingga Pemerintah Kecamatan Karawang Barat. 

Dalam sambutannya, Kepala DPKKB Karawang Hj Sopiah yang diwakili oleh Kabid pengendalian kependudukan Oji Sahroji Menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan DPPKB dalam menekan angka stunting di Karawang dengan melibatkan semua elemen masyarakat, salah satunya para seniman Karawang.
"Lebih banyak pihak yang berkolaborasi dan bekerjasama untuk menekan angka stunting di Karawang makan penekanan angka stunting akan lebih cepat. Mengingat, stunting ini butuh dirembugkan bersama dalam penangananya, baik lintas opd atau lintas sektor," Kata Oji. 

Senada dengan Oji, Sekretaris Dispabud Karawang, H Jaeni mengatakan jika penanganan stunting dikerjakan bersama-sama maka hasilnya akan lebih baik lagi. Oleh sebab itu, kata Jaeni, kali ini seniman di Karawang akan dilibatkan dalam mensosialisasikan bagaimana penanganan dan pencegahan stunting di Karawang.
"Kami melibatkan para seniman serta budayawan ini merupakan bentuk komitmen Disparbud untuk bekerjasama dalam menekan angka stunting di Karawang," Ucap Jaeni.

"Dan kedepannya, para seniman akan menyisipkan materi-materi tentang penanganan pencegahan stunting dalam pertunjukannya dengan harapan pesan-pesan soal stunting bisa diterima secara merata kepada masyarakat," imbuh Mantan Kabid PO Disdikpora Karawang ini.

Sementara itu, Camat Karawang Barat, Lasmi Ningrum mengapresiasi atas kegiatan ini. Dan menurutnya, kolaborasi antara DPPKB dengan Disparbud patut ditiru karena masyarakat Karawang khususnya di Karawang Barat suka dengan seni pertunjukan seperti ini.
"Luas biasa, ini lah bentuk kesadaran bersama. Mengingat kita juga di Kecamatan Karawang Barat tengah gencar melakukan penganan stunting, yang insyaallah nantinya kegiatan seperti ini bisa berdampak positif serta pesan soal stunting yang dibawakan oleh para seniman ini sampai ke masyarakat," tandasnya. (Rd).