Breaking News
---

Korlantas: 98% Jalur Jakarta-Merak Siap Dilewati Saat Lebaran 2024

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyatakan Jalur Jakarta-Merak melalui tol maupun arteri sudah 98% siap digunakan untuk arus Lebaran 2024. Hal itu telah dipastikan dari koordinasi terakhir pemangku kebijakan .(5/3/24).

Korlantas: 98% Jalur Jakarta-Merak Siap Dilewati Saat Lebaran 2024

"Sudah 98 persen, sudah cukup mantap, kemudian ada pekerjaan-pekerjaan sedikit," ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen. Pol. Slamet Santoso dikutip dari Antara, Senin (4/3/24).

Ia mengatakan, hari ini pihaknya telah melakukan survei dari mulai Jalur Tol Jakarta-Merak hingga ke Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak. Adapun di jalur tol tersebut kesiapan Rest Area KM 43 dan Rest Area KM 68 telah dipastikan hari ini.

Kemudian, rest area tersebut nantinya bakal disiapkan untuk rekayasa lalu lintas yakni "delay system", yang bakal menunda arus agar tak terjadi penumpukan di kawasan Merak.

Menurutnya, di rest area tersebut akan diadakan pengecekan tiket oleh petugas pelabuhan kepada pemudik, demi meminimalisir antrean pembelian tiket di lokasi. Sebab, saat ini tiket kapal feri Merak-Bakauheni untuk penyeberangan Pulau Jawa-Sumatera, sudah bisa dibeli secara daring melalui aplikasi Ferizy.

“Ini kami pastikan bahwa kapasitas pelabuhan sejauh ini memiliki kapasitas yang mampu untuk menampung jumlah pemudik, baik kendaraan roda dua, roda empat, maupun kendaraan-kendaraan besar,” jelasnya.

Menurutnya, pelaksanaan pengamanan arus lebaran pada tahun 2023 sudah cukup baik. Setidaknya, seluruh pihak yang terkait perlu mempertahankan hal yang baik itu atau bahkan menjadi lebih baik.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan