Breaking News
---

Mendagri Minta Pemda Cek Seluruh Infrastruktur Jelang Lebaran

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta kepada Pemerintah Daerah untuk mengecek segala infrastruktur transportasi jelang Lebaran 2024. Hal ini dilakukan untuk memastikan mobilitas masyarakat saat mudik lebaran berjalan lancar. (5/3/24).

Foto : Mendagri Muhammad Tito Karnavian

“Jadi arus mudik dan arus balik lebaran menjadi sebuah ritual tahunan bagi masyarakat Indonesia. Bahkan Indonesia terkenal sebagai salah satu negara dengan arus mudik dan arus balik yang berjuta-juta orang hingga ratusan juta orang,” kata Tito Karnavian dalam keterangannya, Senin (4/3/2024). 

Tak hanya itu, ia mengimbau kepada Kepala Dareah untuk memperhatikan berbagai transportasi publik baik darat, laut maupun udara. Sebab, hal tersebut sangat perlu diperhatikan agar potensi hambatan tidak terjadi.

“Fasilitas kapal-kapal yang mengangkut penumpang wajib untuk siapkan pelampung. Ini harus menjadi habit kita dan kebiasaan kita,” kata Tito. 

Hal ini dilakukan, kata Tito, agar menghindari adanya korban jiwa saat terjadinya kecelakaan di jalur laut. Salah satu peristiwa yang terjadi seperti peristiwa kecelakaan di jalur perairan yang mengakibatkan adanya korban lantaran tidak menggunakan alat pengaman. 

"Nah, satu saja kejadian di daerah lain kita fokus pada Jawa dan Sumatra karena arus mudik dan arus baliknya paling banyak, jutaan. Tetapi satu kecelakaan kapal di daerah itu akan mencoreng semuanya," ucap Tito. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan