Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, menyatakan program makan siang gratis tidak masuk APBN 2024. Hal ini disampaikannya pada Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR, Selasa (19/3/2024).

"Bukan saya mau menghindar pertanyaaan mengenai makan siang gratis, tetapi karena memang tidak ada pada APBN 2024," ujarnya. Pertanyaan terkait program makan siang gratis ini memang banyak ditanyakan oleh anggota dewan.

Menurut Sri, kalau pun program itu disampaikan pemerintah baru nantinya, proses penyusunan anggarannya tetap dimulai dari awal. Yakni dengan penyusunan Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) berisi gambaran dan skenario kebijakan fiskal pemerintah.

"Ini baru postur besarnya, belum sampai pada detail siapa belanja apa," ucapnya. Menkeu juga membantah jika program makan siang gratis nantinya akan menggunakan dana BOS (Bantuan Operasional Pendidikan).

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati

Menkeu mengingatkan saat ini merupakan masa transisi, di mana pemerintah membantu merancang APBN transisi untuk dilaksanakan pemerintahan baru. "Karena itu, perlu ada fatsun politik dan komunikasi politik yang harus dijaga dengan baik," ujarnya. 

Sri Mulyani juga mengatakan sejauh ini rapat kabinet tidak pernah membicarakan program makan siang gratis. Menurut dia, rapat kabinet baru membahas postur besar dan jangkauan KEM-PPKF itu pun baru postur besar dan range-nya saja. 

Sehingga, Menkeu memastikan tidak ada pembahasan mengenai program makan siang gratis pada pembahasan APBN. "Jadi, mohon maaf saya tidak bisa komentar soal ini," katanya menegaskan.(*)