Otoritas Arab Saudi meminta jemaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk mengenakan masker wajah selama beraktivitas. Imbauan ini dikeluarkan terkait puncak kedatangan jemaah umrah di dua Masjid Suci tersebut selama Ramadan 1445 H.

Foto ilustrasi jemaah Umroh sedang sekitar Ka'bah

"Imbauan penggunaan masker di area Masjidil Haram, Makkah, maupun Masjid Nabawi, Madinah. Guna melindungi jemaah dari berbagai penyakit menular," tulis Direktorat Keamanan Publik Arab Saudi seperti dilansir Reuters, Rabu (13/3/2024). 

Untuk mengantisipasi lonjakan jemaah selama Ramadan, pengelola Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah melakukan berbagai langkah. Khususnya untuk melayani jemaah agar mereka bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk, lancar, dan nyaman.

Halaman masjid, tempat kabah, dan lantai dasar diperuntukkan bagi jemaah umrah selama Ramadan. Selain itu pihak berwenang juga menetapkan pintu-pintu gerbang tertentu khusus untuk tempat masuk dan keluar jemaah. 

Selain itu, bus-bus yang mengangkut jemaah tidak boleh lagi memasuki area masjid. Bus harus berhenti di tempat parkir yang telah ditentukan untuk memperlancar lalu lintas dan menghindari kemacetan.

Kepadatan juga akan terjadi di Masjid Nabawi. Biasnya jemaah umrah melanjutkan perjalanan ke Madinah untuk berziarah ke makam Nabi Nabi Muhammad SAW maupun beribadah.

Pengelola menyiapkan lebih dari 8,5 juta porsi makanan berbuka puasa untuk jemaah selama Ramadhan. Selain itu sekitar 2,5 juta botol air Zamzam juga dibagikan di masjid.(*)