Breaking News
---

Pelabuhan Ciwandan Banten Siap Jadi Alternatif Mudik Lebaran 2024

Pelabuhan Ciwandan, Banten akan kembali digunakan untuk melayani pemudik pada masa mudik lebaran 2024. Pelabuhan ini akan digunakan sebagai jalur penyeberangan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Ciwandan Siap Jadi Pelabuhan Alternatif Mudik Lebaran

Namun pelabuhan yang berjarak sekitar 16 km dari pelabuhan Merak ini hanya digunakan khusus untuk pemudik sepeda motor dan truk. Sedangkan pemudik dengan mobil dan bus, tetap akan menggunakan pelabuhan Merak.(5/3/24).

Kesiapan Pelabuhan Ciwandan itu dicek langsung oleh rombongan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Senin (4/3).

Rombongan dipimpin Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Brigjen Slamet Santoso, yang sertai unsur dari kementerian PUPR, Jasa Marga dan Jasa Raharja.

Peninjauan itu dilakukan untuk mengecek kesiapan sarana dan prasarana pelabuhan Ciwandan untuk menampung pemudik. Mengingat Ciwandan sebetulnya merupakan pelabuhan peti kemas serta bongkar muat, dan bukan pelabuhan penyeberangan.

Ciwandan digunakan sebagai sebagai pelabuhan alternatif, untuk mengurangi kepadatan di pelabuhan penyeberangan Merak. Meski begitu, faktor keamanan dan kenyamanan pemudik akan tetap menjadi perhatian utama.

"Kesiapan sarana prasarana yang ada di Ciwandan, termasuk sarana umum akan kita siapkan dengan baik. Misalnya toilet, tempat istirahat, tenda dan sebagainya," kata Brigjen Slamet Santoso saat berada di Pelabuhan Merak, Senin (4/3).

Slamet menambahkan, pengoperasian pelabuhan Ciwandan saat masa mudik lebaran tidak tergantung kondisi kepadatan di pelabuhan Merak. Artinya, nanti akan ditetapkan jadwal dan waktu operasional pelabuhan ini untuk menyeberangkan pemudik ke pulau Sumatera.

"Jadi memang tidak situasional seperti tahun lalu. Tapi akan kita mantapkan waktunya, kita sudah tetapkan," ujar Slamet.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan