Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi (HAPMI) Kabupaten Karawang periode 2023-2028 telah resmi dilantik oleh HAPMI Jawa Barat.

Pelantikan tersebut dilaksanakan pada Sabtu kemarin, 2 Maret 2024 di Aula Husni Hamid Kompleks Pemda Karawang.

Pengurus HAPMI Karawang Periode 2023-2028 Resmi Dilantik Jawa Barat

Ketua HAPMI Jawa Barat H. Gunawan Sumadikara membacakan Surat Keputusan (SK) Pengurus HAPMI Kabupaten Karawang dengan nomor 013/SK/DPP/Jabar/XII/2023 (Ketua H. Achmad Djohansyah, Sekretaris H. Nandang Hanafi, Bendahara Hj Evi Susanti)

Setelah membacakan SK kepengurusan, dilanjutkan kata-kata pelantikan, penyerahan SK serta penyerahan pataka HAPMI dari Ketua HAPMI Jawa Barat H. Gunawan Sumadikara kepada Ketua HAPMI Karawang H. Achmad Djohansyah sebagai simbolik pengurus periode 2023-2028 telah resmi dikukuhkan.

H.Achmad Djohansyah, ketua terpilih HAPMI Karawang, mengatakan amanah ini merupakan tanggungjawab yang harus senantiasa ditunaikan dengan baik.

"Ini merupakan periode pengurusan kedua bagi kami. Cukup berat sebetulnya, karena prestasi cukup baik, maka periode kedua ini harus lebih baik lagi," katanya.

Kata dia, HAPMI akan sinergitas dengan stakeholder pemerintah, sehingga bisa mengangkat talenta musik di Karawang. Dengan personel pengurus 18 orang ini, pihaknya optimis bisa memajukan HAPMI Karawang lebih baik.

"Kami ucapkan terimakasih atas penghargaan tinggi untuk HAPMI Karawang. Juga atas dukungan pak bupati begitu besar, HAPMI Jawa Barat yang memberikan kepercayaan pada kami. Sehingga HAPMI Karawang mempunyai anak didik yang prestasi dalam dunia tarik suara. Dua kali meraih juara di Jawa Barat," katanya.

Sementara itu HAPMI Jabar H. Gunawan Sumadikara mengucapkan selamat atas dilantiknya DPC HAPMI Karawang. 

"Begitu gigihnya pengurus HAPMI Karawang, begitu biasa periode pertama bisa juara tingkat Jawa Barat. Pasti periode kedua ini bisa juara nasional," katanya.

Lanjutnya, tidak sedikit artis terkenal jebolan dari HAPMI tingkat nasional atau pun internasional. "Bisa saja nanti artis terkenal itu jebolan HAPMI Karawang. Karena potensi Karawang ini luar biasa prestasinya. Kami bangga pada HAPMI Karawang," ujarnya.

Bupati Karawang Apresiasi HAPMI Karawang

Bupati Karawang H. Aep Saepuloh,SE hadir dalam acara tersebut. Menurutnya, Karawang selama ini terkenal sebagai daerah yang kaya akan seni dan budaya.

 "Jadi Alhamdulillah, seni dan budaya Karawang terus maju dan berkembang. Sejarahnya dari dulu Karawang selalu terdepan dalam hal seni. Baik seni tari, seni rupa, seni pertunjukan maupun seni menyanyi. Yang paling tersohor tentu saja Goyang Karawang, seluruh Indonesia sepertinya kenal Karawang karena Goyang Karawang," tandasnya.

Selain itu, sambungnya, telah lahir banyak seniman hebat asal Karawang dan diakui di Indonesia. Sebuah predikat yang harus senantiasa dijaga dan dilestarikan bersama.

"Kami mengapresiasi peran HAPMI yang mana merupakan wadah musisi penyanyi serta seniman yang sekian lama ikut andil dalam program pembangunan kerakyatan seperti gelaran festival hiburan masyarakat. Dimana pun ada acara yang melibatkan ribuan orang dengan panggung hiburan, artis HAPMI pasti selalu tampil dan ikut mendukung," tandasnya.

Karena itu, Pemerintah Daerah hari ini juga berkomitmen untuk memperhatikan musisi, penyanyi, seniman serta budayawan dengan memplot berbagai program kurasi pelatihan menjadi wirausaha bekerja sama dengan Disparbud dan Bagian Kesra.

"Kita menyadari musik adalah bagian tak terpisahkan dari budaya kita. Oleh karena itu, memberdayakan para anggota merupakan ikhtiar kita dalam merawat dan melestarikan budaya," pungkas bupati. (*)