Untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024, Kementerian PUPR membuka enam ruas Tol Baru. Hal itu diungkapkan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja di Jakarta, Senin (25/03/24).

Foto ilustrasi: Jalan Tol Baru

Endra mengatakan Kementerian PUPR terus meningkatkan layanan infrastruktur jalan dan jembatan dari tahun ke tahun. Ditandai dengan bertambahnya ruas-ruas jalan tol baru, dengan total panjang jalan tol di Indonesia sepanjang 2.836 km.

“Sampai saat ini kita sudah punya sekitar 2900 km jalan tol operasional dan sebagian fungsional. Ruas tol ini merupakan tulang punggung untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran dengan moda transoportasi darat,” kata Endra.

Endra yang juga Jubir Kementerian PUPR mengatakan khusus untuk mudik Lebaran tahun 2024, terdapat enam ruas jalan tol baru. Baik di Jawa dan Sumatera yang siap difungsikan sepanjang 163,1 km, ruas tol tersebut akan menyambungkan ruas-ruas eksisting.

Beberapa ruas yang sudah beroperasi sebelumnya, Tol Cisumdawu, Tol Pasuruan-Probolinggo (seksi 4A Probolinggo Timur-Gending), dan Tol Ciawi-Sukabumi (Cigombong-Cibadak). "Sebagai tambahan di 2024 kita bisa fungsikan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan dari arah Sadang - Kutanegara sekitar 8,5 km," ujarnya.

"Kemudian tidak kalah penting Tol Yogyakarta-Solo, ruas Kartosuro-Karanganom (Klaten) sepanjang 22,3 km, yang bisa memecah lalu lintas. Ruas tol fungsional lainnya, Tol Cimanggis-Cibitung untuk ruas Cikeas-Cibitung sepanjang 19 km, " kata Endra lagi.

Lalu ia menambahkan Jalan Tol Cimanggis -Cibitung merupakan bagian dari struktur jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR 2).  Terkoneksi antar ruas tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek sebagai pusat kegiatan nasional.

“Tol Cimanggis-Cibitung kita fungsikan agar masyarakat dari arah Pamulang, Depok, Tangerang bisa masuk ke JORR-2 dan langsung Cikampek.  Sehingga mengurangi penumpukan di dalam kota,” kata Endra.

Kementerian PUPR juga melakukan pelebaran lajur ruas Cikampek-Palimanan sepanjang 14 km, KM 71-KM 85 dari 3  menjadi 4 lajur.   Kementerian PUPR bersama BUJT juga membuka 3 ruas tol fungsional di Sumatera, Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura.

Seksi 3-4 Sinasak-Seribu Dolok (56,6 km), Tol Bangkinang-Tanjung Alai (24,7 km), dan Tol Indrapura-Kisaran seksi 2 Limapuluh-Kisaran (32 km). “Dengan adanya tambahan ruas fungsional ini, selain  antisipasi mudik Lebaran tetapi mempermudah akses pariwisata,yang dipadati Pengunjung" ucapnya.(*)